Advertisement

Petani Sambut Baik Rencana Jokowi Mengolah Karet Jadi Aspal

Newswire
Jum'at, 29 Maret 2019 - 05:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Petani Sambut Baik Rencana Jokowi Mengolah Karet Jadi Aspal Petani memanen getah karet di Banyuasin, Sumatra Selatan, Selasa (8/1/2019). - Antara/Nova Wahyudi

Advertisement

Harianjogja.com, PALEMBANG--Presiden Joko Widodo berupaya menaikkan harga karet yang sekarang ini merosot dengan menyerap karet rakyat untuk aspal atau pembangunan infrastruktur jalan. Kebijakan tersebut mendapat sambutan positif dari petani karet di Sumatra Selatan. 

"Petani karet di provinsi ini membutuhkan kebijakan yang dapat membantu mereka di tengah harga karet yang mengalami penurunan secara signifikan," kata Koordinator Poros Hijau Indonesia Sumsel, Chandra Anugrah Surya di Palembang pada Kamis (28/3/2019).

Advertisement

Kebijakan Jokowi menyerap karet rakyat untuk aspal proyek infrastruktur jalan yang gencar dilakukan akhir-akhir ini diharapkan bisa mendongkrak harga karet dan memperbaiki perekonomian rakyat.

Petani yang saat ini mengalami kesulitan akibat penurunan harga karet di pasar internasional, sangat signifikan berimbas pada perekonomian masyarakat provinsi ini yang sebagian besar mengandalkan pendapatan dari penjualan hasil kebun.

Sumsel merupakan salah satu provinsi yang memiliki luas 91.592 km2 yang terdiri dari 17 kabupaten/kota dengan 212 kecamatan, 354 kelurahan, dan 2.589 desa.

Wilayah yang luas itu memiliki sumber daya alam yang melimpah dan terdapat perkebunan karet rakyat yang cukup luas dan komoditas tersebut menjadi basis ekonomi masyarakat provinsi setempat.

"Sumsel memliki perkebunan karet terluas di Indonesia mencapai 1.000 hektare lebih yang 400 ribu hektare di antaranya merupakan perkebunan milik rakyat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement