Advertisement

Mengharukan, Seperti Ini Wujud Cinta Ustadz Abdul Somad pada sang Ibunda

Aziz Rahardyan
Senin, 18 Maret 2019 - 17:57 WIB
Nina Atmasari
Mengharukan, Seperti Ini Wujud Cinta Ustadz Abdul Somad pada sang Ibunda Ustaz Abdul Somad (kanan), dan ibunya Rohana (kiri) - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Ibu dari Ustaz Abdul Somad (UAS) tutup usia. Apabila mencermati video-video ceramah yang tersebar di media sosial, maka kita akan melihat sesosok penceramah yang begitu menghormati sosok ibu.

Bukan hanya satu dua kali, banyak momen tertangkap kamera ketika pria yang mengenyam pendidikan hingga Mesir dan Maroko ini ditanya hal "aneh-aneh soal ibu" oleh peserta pengajian lewat secarik kertas.

Salah satu yang menarik, ada sebuah pertanyaan yang berbunyi "apakah kita boleh berbicara keras pada ibu apabila sang ibu telah mengalami gangguan pendengaran?" Hal ini sontak membuat peserta pengajian tertawa selepas UAS membacanya.

Tetapi, siapa sangka ketika dijejali banyak pertanyaan semacam itu, UAS selalu membela sosok ibu. Bagaimana pun buruknya perlakuan sosok ibu, atau betapa dilematis keadaan yang diungkapkan sang anak atau menantu, UAS tetap membela sosok ibu.

Jawaban UAS pun hampir selalu serupa. Hal ini, menunjukkan betapa doktor kajian ilmu hadis dan fikih ini menghormati sosok ibunya. Berikut salah satu unggahan di sosial media resmi milik UAS yang menggambarkan jawaban tersebut:

IBUMU

Kalian kasih dia makan sampai mati
Kalian buatkan istana
Kalian belikan gelang emas 2 Kg
Kalian gendong Haji ke Makkah
Kalian minum air cuci kakinya

Belumlah dapat membalas setetes darah dagingnya yang robek saat mengeluarkan kalian dari gelapnya rahim ke terangnya dunia.

Kini, sosok ibu kandung UAS, Rohana binti Nuruddin baru saja tutup usia, Senin (18/3/2019) ketika hendak mengerjakan salat subuh.

Dalam akun Instagram resminya @ustadzabdulsomad, pria yang merupakan pengajar di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau ini menuturkan betapa sang bunda menghembuskan nafas terakhir dengan tenang, tanpa rasa sakit dan susah, seperti harapan semua orang yang hidup di dunia.

"Beliau terus wudhu' persiapan sholat Shubuh. Lalu pingsan, dibawa ke Rumah Sakit, menghembuskan nafas terakhir," tulisnya.

"Persis seperti ucapan Mak selama ini, 'Aku kalau bisa, mati jangan pakai sakit lamo-lamo. Kalau bisa mandi dulu, jadi jasad awak bersih. Mandi, ambik aye sembayang, poneng, mati'," tambah UAS menirukan ucapan sang bunda.

Beberapa sahabat yang juga tokoh bangsa turut mengucap bela sungkawa di media sosial masong-masing.

Di antaranya seniornya di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang M Zainul Majdi, dan ustadz kondang dari tanah Sunda Aa Gym.

Ribuan warga internet (warganet) pun ikut berkomentar sekaligus berdoa untuk bunda Rohana pada unggahan mereka. Tanda kecintaan masyarakat pada salah satu ulama inspirasinya, Abdul Somad Batubara.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement