Dibikinkan Logo oleh Pembuat Lambang Apple, Perusahaan Indonesia Ini Pilih Tak Menggunakannya

Rob Janoff dan logo apple bikinannya. - Instagram/@robjanoffstudio
01 Mei 2018 22:05 WIB Nugroho Nurcahyo News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Perusahaan properti ternama di Indonesia PT Agung Podomoro Land Tbk ternyata pernah memesan desainer grafis untuk membuat logo anyar. Pendesainnya tak tanggung-tanggung, desainer logo Apple, Rob Janoff. Namun logo baru yang dibikinkan Studio Janoff itu, hingga kini belum dipakai untuk rebranding oleh perusahaan berkode emiten APLN itu.

Logo tersebut diposting di Instagram @robjanoffstudio tanpa keterangan apapun di captionnya. Studio Janoff hanya memberikan empat contoh pengaplikasian logo tersebut.

Lambang APLN bikinan Janoff itu sekilas berbentuk huruf a dan L, dengan dua warna khas logo APLN selama ini, biru dan merah.

Logo APLN diposting di IG robjanoffstudio pada 28 Maret lalu dan disukai 22 pengguna IG serta mendapat empat komentar hingga 1 Mei 2018. Dari nama akun IG-nya, keempat pemberi komentar itu sepertinya pengguna IG dari Indonesia.

Salah satu komentar misalnya, “Wow, That from Indonesia” yang ditulis oleh akun @ardanirahmansyah. “really? oh my god,” tulis Muhammadridwanaprianto dan “Indonesian peoperty brand,” tulis akun @ulazm.

Logo ini sebetulnya sudah dibikin oleh studio Janoff sejak 2015. Namun lantaran adanya kesalahan teknis, logo sempat beredar di dunia maya dan sempat diulas dalam blog seseorang.

“Tidak pernah jadi dipakai. Sampai kini kami masih memakai logo lama,” kata Corporate Secretary PT Agung Podomoro Land Tbk F. Justini Omas, saat dihubungi harianjogja.com melalui aplikasi perpesanan Whatsapp, beberapa waktu lalu.

Justini Omas tidak menjelaskan lebih jauh kenapa logo bikinan Janoff tak pernah dipakai APLN hingga saat ini. “Saya juga kurang tahu persis, tapi kayaknya keburu keluar [di] iklan karena kesalahan teknis. Sebenarnya belum disetujui kalau [logo] mau diganti,” imbuhnya.

Satu logo lagi dibuat Rob Janoff untuk Pluit City, proyek properti yang sedianya dibangun di kawasan reklamasi laut utara DKI Jakarta yang pengembangannya juga digarap oleh APLN. Logo Pluit City diposting di IG Studio Janoff selang dua hari setelah akun IG studio itu memposting logo APLN.

Postingan logo Pluit City dibubuhi caption, “@robjanoff had fun branding a 10,000 home development in Jakarta Bay.”

Logo ini berbentuk tiga garis vertikal yang sekilas menyerupai gedung-gedung bertingkat yang tengahnya diputus oleh garis berbentuk ombak lautan ke arah kanan dan kiri.

Di websites resmi Studio Rob Janoff di Brisbane, Australia, www.janoff.com.au , disebutkan alasan penggantian logo Pluit City dari semula yang berbentuk seperti lingkaran dengan tiga warna bernuansa merah, kuning dan jingga, menjadi garis tegas dengan nuansa air dalam warna emas.

Alasan pengubahan logo karena identitas grafis yang sudah ada sebelumnya tidak menarik calon pembeli yang hendak disasar. Membuat logo untuk mencapai pasar mewah kelas atas-dari berbagai negara dan budaya-membutuhkan penargetan yang presisi. Desain akhir tidak hanya mengintegrasikan lanskap kota dan elemen air yang penting untuk dimunculkan, tetapi juga mencakup pemicu untuk pasar China, Barat, dan domestik dari kelas atas.

Rob Janoff dikenal memiliki kemampuan mendefinisikan konsep-konsep abstrak menjadi bentuk visual. Desain Apple karya Janoff diakui sebagai salah satu logo perusahaan paling ikonik di dunia, abadi, dan mampu bertahan selama empat dekade hingga 2018 ini.

Logo Apple sangat mudah ditafsirkan. Inilah alasan mengapa Apple tak pernah menaruh keterangan nama perusahaan di sekitar logonya. Janoff berhasil memberi identitas bagi Apple. Logo yang sederhana dan kuat.