SABDA RAJA : Rayi Dalem yang Berdomisili di Jakarta Bertemu Sultan

JIBI/Desi SuryantoSejumlah pekerja mengecat bagian depan dan atap Pagelaran Keraton Ngayogyakarta, Sabtu (14/12 - 2013). Sejumlah perawatan bangunan keraton menggunakan Dana Keistimewaan mulai dianggarkan. Di penghujung tahun 2013 pengecatan pada Pagelaran Keraton Kasultanan Yogyakarta yang merupakan wajah depan Keraton Ngayogyakarta mulai dilaksanakan.
08 Mei 2015 11:20 WIB News Share :

Sabda Raja tidak hanya mengundang perhatian rayi dalem di DIY, tetapi juga dari Jakarta. Pada Kamis (7/4/2015), rayi dalem pun bertemu Sultan selama 1,5 jam.

Harianjogja.com, JOGJA-Para rayi dalem dari Jakarta bertemu langsung dengan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kraton Kilen, Kamis (7/4/2015) sore. Belum diketahui poin apa saja yang dibicarakan dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut. (Baca Juga : http://jogja.solopos.com/baca/2015/05/07/sabda-raja-para-rayi-dalem-berkumpul-di-ndalem-yudhanegaran-602029">SABDA RAJA : Para Rayi Dalem Berkumpul di Ndalem Yudhanegaran)

Para rayi dalem yang bertemu Sultan adalah para putra HB IX dari ibu GRAY Cipto Merti, Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Suryonegoro, GBPH Suryodiningrat, GBPH Pakuningrat, GBPH Cakraningrat, GBPH Suryometaram. Sementara GBPH Hadinegoro tidak ikut karena sakit.

Mereka bertemu Sultan sejak pukul 16.30 WIB, dan baru keluar dari Kediaman Sultan sekitar pukul 18.15 WIB menggunakan mobil Toyota Avanza AB 1921 MN, warna hitam. Kelima rayi dalem keluar dari Kraton Kilen semobil.

Belum diketahui isi pertemuan tersebut. Menurut informasi, rayi dalem ditemui Sultan dan Pembayun (GKR Mangkubumi). Mereka membicarakan perihal langkah Sultan yang diambil dalam Sabda Raja.

GBPH Suryodiningrat mengatakan belum bisa menjelaskan hasil pertemuannya dengan Ngarso Dalem. (Baca Juga : http://jogja.solopos.com/baca/2015/05/07/sabda-raja-perubahan-gelar-tak-pengaruhi-danais-602023">SABDA RAJA : Perubahan Gelar Tak Pengaruhi Dana Keistimewaan)

"Kami akan mengadakan pertemuan lebih dulu dengan kangmas-kangmas lainnya," kata dia saat ditemui di Ndalem Yudonegaran usai bertemu Sultan.

Sebelum bertemu Sultan, GBPH Suryodiningrat menyatakan akan menyampaikan hasil pertemuan dengan Sultan setelah rapat dengan para rayi dalem. Adapun pernyataan rayi dalem yang selama ini berkomentar di media massa masih pernyataan masing-masing.