INDONESIA PRINT MEDIA AWARD 2014 : Bisnis Indonesia, Solopos, Harian Jogja Borong Penghargaan IPMA 2014

08 Februari 2014 22:20 WIB News Share :

Harianjogja.com, BENGKULU-Tiga koran yang tergabung dalam Jaringan Berita Bisnis Indonesia (JIBI) yakni Bisnis Indonesia, Solopos, dan Harian Jogja menyabet sejumlah penghargaan tampilan koran terbaik dalam forum Indonesia Print Media Award (IPMA) 2014 di Bengkulu, Sabtu (8/2/2014).

Harian Jogja dan Solopos menyabet empat dari 11 gelar dalam penghargaan tampilan koran terbaik regional Jawa. Sementara Bisnis Indonesia yang juga satu grup dengan Solopos dan Harian Jogja meraih penghargaan untuk kategori News Politic and Business Tabloid.

Acara ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) setiap tahun. Harian Jogja mendapatkan dua Silver Winner The Best of Java News Paper untuk kover edisi 18 Januari 2013 dengan judul Ibukota Darurat sebagai headline. Edisi ini mengupas tentang banjir besar yang melanda Ibukota Jakarta kala itu.

Sedangkan edisi 21 Maret 2013 dengan judul Mereka Tewas Tergantung juga mendapatkan penghargaan serupa. Edisi ini memberitakan tentang kecelakaan di Gua Seropan II Gunungkidul yang menewaskan tiga orang pencinta alam. Bagi Harian Jogja, penghargaan serupa pernah diterima dua kali, yakni pada 2012 dan 2010.

Sementara Solopos meraih satu Gold Winner The Best of Java News Paper untuk edisi 23 Februari 2013 berjudul Menunggu Anas di Monas dan Bronze Winner untuk edisi 10 Desember 2013 dengan judul Tragedi Bintaro 5 Tewas. Sedangkan, Bisnis Indonesia menyabet Silver Winner The Best of news Politic and Business Tabloid untuk edisi nomor nomor 346 tanggal 4 Agustus 2013

Penghargaan diserahkan Ketua SPS Alwi Amu dan diterima oleh Pemimpin Redaksi Harian Jogja dan Solopos Adhitya Noviardi dalam acara IPMA di Hotel Santika Bengkulu, Sabtu (8/2/2014). Acara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional yang dipusatkan di kota tersebut.

”Penghargaan ini bukan untuk kami. Tetapi untuk pembaca yang selalu memicu kami untuk menyuguhkan sajian yang terbaik,” kata Adhitya.

Dia juga menegaskan bahwa penghargaan bukanlah akhir dari karya Harian Jogja dan SOLOPOS. Ke depan, pihaknya bertekad untuk terus memberikan karya-karya yang lebih baik lagi. ”Seperti yang diinginkan pembaca yang selalu ingin yang terbaik,” katanya.

Penilaian kover koran ini dilakukan oleh tujuh orang dari berbagai bidang. Mereka adalah Oscar Matullah (Kepala Biro Foto Kantor Berita Antara), M. Gunawan Alif (Kepala Program Studi Manajemen Sampoerna School of Bussines), Endang Sutisna (wiraswasta), Desy Natalia W (Senior Brand Designer Id Holland), Iwan Kurniawan (fotografer profesional), Troy Pantoue, dan Sam Agus Imawan.