HASIL SURVEI : Jokowi-Ma'ruf Amin Keok di Pemilih Pengguna Medsos

Prabowo Subianto-Joko Widodo. Olah foto (nuc). - JIBI/doc
27 November 2018 21:04 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Survei yang dilakukan tim survei Median menyebut pasangan capres cawapres Prabowo-Sandiaga Uno banyak unggul di media sosial (medsos).

Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memilik banyak perolehan suara dari kaum yang aktif di Media sosial. Itu sebabnya pasangan Prabowo dikatakan unggul pada pemilih kaum milenial.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei yang dilakukan tim survei Median. Mereka melakukan survei berdasarkan tiga media sosial kepada 1200 responden.

"Kami melakukan survei kepada para pengguna Facebook, Twitter dan Instagram. Dan hasilnya Prabowo Sandi memperoleh angka yang lebih besar," ujar Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun di rumah makan Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).

Dari survei tersebut, terlihat 42,4 persen pengguna Facebook memilih Jokowi Ma'ruf sedangkan Prabowo Sandi memperoleh suara 42,9 persen dengan jumlah tidak memilih 14,7 persen. Untuk pengguna Twitter, Jokowi Ma'ruf mendapati perolehan suara sebesar 29,5 persen.

Sedangkan Prabowo Sandi sebanyak 59,2 persen dengan jumlah tidak memilih 11,3 persen. Dan terakhir para pengguna Instagram yang menjatuhkan pilihanya kepada Jokowi Ma'ruf sebanyak 39,1 persen dan Prabowo Sandi sebanyak 48,9 persen dengan jumlah yang tidak memilih 12 persen.

Bukan tanpa alasan Joko Widodo dan Maruf kalah dalam perolehan suara dari golongan yang aktif di media sosial. Mayoritas para pendukung Jokowi ternyata berusia 40 sampai 50 tahun ke atas.

"Kalau dari usia, pendukung Jokowi itu semakin usianya diatasi 40 sampai 50 tahun tahun. Maka kelompok dengan usia 50 tahun memang tidak aktif di media sosial, jadi keunggulan Prabowo di medsos tapi tidak unggul di pemilih yang sudah tua," bebernya.

Namun ia menegaskan jika hasil survei yang dilakukan oleh pihaknya dapat berubah menjelang hari pemilihan di tahun 2019 nanti. Para kedua tim sukses diharapkan bisa melakukan evaluasi demi mendongkrak perolehan suara saat pemilu nanti.

Perlu diketahui, kesimpulan hasil yang survei tim Median menyatakan pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin ungul dari sang penantang dari nomor urut satu, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Survei ini dilakukan denga populiasi seluruh rakyat Indonesia dengan Sampel 1.200 responden seluruh indonesia.

"Jokowi unggul sementara, tapi di bawah 50 persen. Prabowo tertinggal tapi tidak terlalu jauh. Jokowi Ma'ruf sebesar 47,7 persen dan Parabowo Sand 35,5 persen," jelasnya.

Sumber : Suara.com