Advertisement

Mengharukan, Setelah Bantu Pesawat Take Off, Petugas Bandara Ini Meninggal karena Gempa Bumi

Chelin Indra Sushmita
Sabtu, 29 September 2018 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Mengharukan, Setelah Bantu Pesawat Take Off, Petugas Bandara Ini Meninggal karena Gempa Bumi Anthonius Gunawan Agung (Twitter)

Advertisement

Harianjogja.com, PALU

Seorang petugas layanan navigasi penerbangan Airnav Indonesia, Anthonius Gunawan Agung, 22, meninggal dunia saat menjalankan tugas sebagai Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Anthonius dikabarkan meninggal dunia saat berusaha menyelamatkan diri dari gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter yang berpusat di Donggala, Sulawesi Tengah.

Advertisement

Kala itu, Anthonius berada di menara kontrol Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah untuk memastikan pesawat Batik Air lepas landas dengan selamat. Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6231 terbang sesuai jadwal, yakni pukul 17.55 WITA.

Sebagai petugas menara kontrol, Anthonius tetap berada di posisinya untuk berkomunikasi dengan pilot. Pada saat yang bersamaan dengan pesawat lepas landas, Anthonius merasakan guncangan gempa. Atap di menara tempatnya bertugas ambruk. Refleks, dia pun melompat dari lantai IV menara tersebut.

Kisah tragis yang dialami Anthonius akibat gempa Palu dikabarkan oleh pengamat penerbangan dan investigator swasta khusus kasus kecelakaan pesawat, Gerry Soejatman, lewat Twitter. Beberapa saat setelahnya, akun Twitter Airnav Indonesia mengabarkan Anthonius telah meninggal dunia.

Sementara itu, tenaga ahli madya Kantor Staf Presiden, Alois Wishnuhardana, dalam unggahan di akun Facebooknya, Sabtu (29/9/2018), memberikan apresiasi atas pengorbanan Anthonius. "Anak muda ini telah memastikan tugas dan tanggung jawabnya tuntas. Pilihan itu membuatnya sudah tak lagi punya waktu untuk menyelamatkan diri. Anak muda ini gugur dalam tugas, persis setelah Batik Air lepas landas, terbang ke udara bebas," ungkapnya.

Kisah heroik dari Anthonius yang meninggal dunia akibat gempa Palu membuat warganet terharu. Mereka memberikan berbagai apresiasi atas kinerja Anthonius yang rela mengorbankan nyawa demi menjalankan tugas dengan baik. "Rasa duka bercampur bangga atas kepahlawanan," komentar Eko Y.

"Mati berjasa bagi banyak orang," imbuh Amadeus Otaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement