Advertisement

Terkait Pemukulan Demonstran oleh Pengawal Macron, Mendagri Prancis Akan Hadapi Parlemen

Kusnul Isti Qomah
Minggu, 22 Juli 2018 - 05:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Terkait Pemukulan Demonstran oleh Pengawal Macron, Mendagri Prancis Akan Hadapi Parlemen Menteri Dalam Negeri Prancis Gerard Collomb - REUTERS/Lisi Niesner

Advertisement

Harianjogja.com, PARIS-Menteri Dalam Negeri Prancis Gerard Collomb akan ditanyai oleh anggota parlemen pekan depan karena pemerintah menghadapi kecaman yang meningkat atas cara mereka mendisiplinkan pengawal utama Presiden Emmanuel Macron yang terekam video memukuli seorang pengunjuk rasa pada May Day.

Collomb akan ditanyai oleh anggota majelis rendah pada Senin (23/7/2018) dan oleh Senat pada hari Selasa (24/7/2018), pekan depan.

Advertisement

Alexandre Benalla, yang lama bertugas di sisi Macron, ditahan polisi untuk diperiksa pada Jumat (20/7/2018), setelah video amatir yang dirilis menunjukkan dia, pada protes 1 Mei di Paris, mengenakan helm kerusuhan dan tanda polisi ketika sedang tidak bertugas.

Benalla pada awalnya diskors selama 15 hari dan diizinkan untuk kembali bekerja. Di bawah tekanan, kepresidenan Prancis mengatakan pada Jumat bahwa mereka telah memutuskan untuk memulai prosedur pemecatan.

Anggota parlemen telah meluncurkan penyelidikan parlemen atas insiden itu sendiri, hukuman awal, dan kegagalan pihak berwenang untuk melaporkan Benalla segera ke pengadilan. Jaksa Paris juga telah membuka penyelidikan awal.

Dalam rekaman, yang dirilis pada Rabu oleh surat kabar Le Monde, Benalla terlihat menyeret seorang wanita menjauh dari protes dan kemudian memukul seorang demonstran laki-laki. Pada Jumat, media Prancis merilis video kedua yang menunjukkan Benalla juga menganiaya wanita itu.

Pria lain yang muncul bersamanya dalam sebuah video amatir juga ditahan.

Tiga perwira polisi lainnya juga diskors pada Jumat, termasuk dua orang yang diduga memberikan rekaman kejadian ke Benalla awal pekan ini, dan ditahan.

Kritikus Macron menyebut respons tertunda presiden sebagai tanda khas bahwa ia tidak dapat dihubungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : REUTERS

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement