Advertisement

Pilkada Solo 2024, Ini Profil Putri Akbar Tandjung yang Bakal Jadi Jagoan Golkar

Oktaviano DB Hana
Selasa, 18 Juni 2024 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Pilkada Solo 2024, Ini Profil Putri Akbar Tandjung yang Bakal Jadi Jagoan Golkar Sekar Krisnauli Tanjung, putri mantan Ketua DPR Akbar Tandjung. / Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPilkada Solo 2024 bakal ramai oleh bakal calon wali kota dan wali kota yang beragam. Salah satunya muncul nama Sekar Krisnauli Tanjung, putri mantan Ketua DPR Akbar Tandjung.

Saat ini Sekar menjabat sebagai Ketua DPD Tingkat II Partai Golkar Solo. Ia disiapkan menjadi bakal calon wali kota.

Advertisement

Hal itu pun telah dipastikan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu mengaku, pihaknya sengaja menyiapkan sosok anak muda seperti Sekar Tandjung untuk maju Pilkada Solo 2024.

"Pilkada di Solo itu ada putrinya Akbar Tandjung, disiapkan oleh Partai Golkar, Sekar Tandjung. Masih muda juga," ujar Airlangga kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Senin (17/6/2024).

Sekar dengan begitu disiapkan untuk mengatasi dominasi PDIP di Solo. Pasalnya, Solo alias Surakarta merupakan basis pendukung tradisional PDIP.  Sejak 2005, kader PDIP yang maju sebagai calon wali kota Solo selalu meraih kemenangan.

Pada Pilkada Surakarta 2005 dan 2010, Joko Widodo (Jokowi) meraih kemenangan; pada Pilkada Surakarta 2015, FX Rudy Rudyatmo yang menang; dan terakhir pada Pilkada Surakarta 2020, giliran Gibran Rakabuming Raka yang menang.

Hasil Pileg DPRD Solo 2024 sendiri masih menunjukkan keperkasaan PDIP, dengan perolehan 20 kursi dari total 45 kursi (44,4%). Sementara itu, Golkar hanya meraih 5 kursi (11,1%)

Partai politik atau gabungan partai politik sendiri baru bisa mencalonkan wali kota-wakil wali kota apabila memiliki minimal 20% kursi di parlemen. Artinya, Golkar harus membentuk koalisi dengan partai politik lain sebelum bisa mengusung Sekar Tandjung sebagai bakal calon wali kota Solo 2024.

BACA JUGA: 200 Ribu Liter Air Disalurkan untuk 3 Kalurahan di Gunungkidul

Profil Sekar Tandjung

Berdasarkan informasi profil calon legislator DPRD Surakarta dari laman Info Pemilu milik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sekar Tandjung lahir di Jakarta pada 15 Juli 1996. Politisi muda ini dengan begitu pada tahun ini baru baru berusia 28 tahun.

Sementara itu, dikutip dari LinkedIn, Sekar merupakan lulusan dari SMA Santa Ursula, Jakarta. Selepas SMA, dia melanjutkan pendidikan tinggi di Boston University dengan mengambil jurusan Jurnalistik.

Sembari menempuh pendidikan tinggi, Sekar tercatat pernah magang di beberapa media baik di dalam maupun luar negeri. Pada 2015, dia pernah magang di The Jakarta Post, kemudian berlanjut di The Daily Free Press hingga 2016.

Sekar juga pernah magang sebagai jurnalis di Morocco World News, tepatnya pada Juli 2016. Selanjutnya, dia magang di ABC News hingga Mei 2017. Setelah lulus, Sekar juga turut membantu Prabowo-Sandi Media Center sebagai media relations untuk media internasional.

Sekar kemudian membangun karier di dunia politik dengan Partai Golkar. Saat ini, dia tercatat menjabat sebagai Ketua DPD Tingkat II Partai Golkar Solo. DPP Golkar pun telah menunjuk Sekar Tandjung untuk maju di Pilkada 2024 sebagai calon Wali Kota Solo. Putri bungsu Akbar Tandjung ini juga sudah terpilih sebagai calon anggota DPRD Solo periode 2024–2029.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siapkan Surat dan Kelengkapan Kendaraan, Polresta Sleman Gelar Operasi Patuh Progo 2024 Besok

Sleman
| Minggu, 14 Juli 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement