Advertisement

Dataran Tinggi Dieng Diajukan sebagai Geopark Nasional

Media Digital
Selasa, 23 April 2024 - 09:47 WIB
Maya Herawati
Dataran Tinggi Dieng Diajukan sebagai Geopark Nasional Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana saat acara Peringatan Hari Bumi Tahun 2024 di Taman Syailendra, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Senin (22/4/2024). - ist - Humas Jateng

Advertisement

WONOSOBO–Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengajukan Kawasan Dataran Tinggi Dieng sebagai sebagai Geopark nasional.

"Saat ini kita sedang terus melakukan proses untuk menaikkan grade pada Dieng ini. Insyaa Allah dalam waktu dekat akan naik menjadi geopark yang tingkatannya nasional," kata Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana saat acara Peringatan Hari Bumi Tahun 2024 di Taman Syailendra, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Senin (22/4/2024).

Advertisement

Nana mengatakan, status Dataran Tinggi Dieng saat ini masih geo-heritage. Dalam rangka mewujudkan pelestarian geologi, keanekaragaman hayati, dan budaya, perlu dilakukan upaya konservasi berkelanjutan. Maka, pengembangan Dieng menuju status geopark nasional saat ini terus diupayakan.

Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi dataran tinggi Dieng bisa menjadi geopark nasional. Antara lain Dieng memiliki keindahan geologi dengan terbentuknya Dieng Planet, memiliki keragaman geologi, mulai dari kawah, telaga, hingga panas bumi, dan Dieng juga punya keanekaragaman hayati flora dan fauna.

Selain itu, Kawasan Dieng juga dianggap daerah ekologi penting,  karena punya daya tarik wisata.  "Dataran tinggi Dieng ini merupakan salah satu tempat, bisa dikatakan ini geopark, tempat wisata, jadi ini merupakan gabungan tempat wisata yang mempunyai keindahan alam yang sangat indah. Kemudian juga di sinilah tempat pertanian," katanya.

BACA JUGA: Lowongan Pendaftaran CPNS dan PPPK: Ada 538 Formasi, Gunungkidul Segera Umumkan Tahapan Seleksi

Untuk mewujudkan dataran tinggi Dieng sebagai geopark nasional, Nana menambahkan, butuh kerja sama antara pemerintah provinsi, Pemkab Banjarnegara, Pemkab Wonosobo, dan para stakeholder terkait untuk mewujudkannya.  Oleh karenanya, pembenahan harus dilakukan agar Dieng semakin menjadi lebih baik.

"Kami yakin, dengan kerja sama yang baik antara Pemda, Pemprov Jateng, dan para stakeholder, Dieng akan menjadi lebih baik," ungkapnya.

Terwujudnya dataran tinggi Dieng sebagai geopark nasional, diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya upaya pelestarian lingkungan. Selain itu, meningkatkan daya tarik Dieng, terutama terhadap kawasan wisata, seni, budaya dan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal.

Dalam kesempatan itu, Nana Sudjana beserta istri Sinta Nana Sudjana juga membubuhkan tanda tangan, sebagai bentuk dukungan pengembangan Geopark Dieng.

Peringatan Peringatan Hari Bumi Sedunia tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di lokasi tersebut juga bermaksud meningkatkan semangat pengembangan dataran tinggi Dieng menjadi geopark nasional. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Jogja, Ini Dia Nama-Nama yang Sudah Dijaring Partai Politik

Jogja
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement