Advertisement

MUI Jamin Tarhib Ramadan Tak Ada Muatan Politik

Newswire
Kamis, 29 Februari 2024 - 11:47 WIB
Abdul Hamied Razak
MUI Jamin Tarhib Ramadan Tak Ada Muatan Politik Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Muhammad Cholil Nafis Ph.D. (ANTARA/Handout - aa).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kegiatan Tarhib Ramadhan yang bakal digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Jumat (1/3/2024) tidak akan memuat unsur politik apa pun.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Muhammad Cholil Nafis dalam keterangan mengatakan, kegiatan tersebut resmi digelar oleh MUI.

Advertisement

BACA JUGA: Ketua NasDem Surya Paloh Nyatakan Dukungan Prabowo-Gibran, Faktanya Seperti Ini

"Saya yang ketua panitia penyelenggaraannya dan Ketua Umum MUI sebagai penanggung jawabnya, tidak ada hubungan dengan politik tidak ada untuk menggagalkan apapun kecuali kita ingin membangun persatuan dan kesatuan," kata Cholil di Jakarta, Kamis (29/2/20224)

Dia menegaskan acara ini merupakan program murni yang dilakukan oleh MUI, dan tidak ada kaitannya dengan politik, yang dilakukan untuk mendoakan bangsa.

Respons tersebut diutarakannya dalam menanggapi pesan singkat yang beredar di masyarakat, yang mengatakan agenda tersebut merupakan agenda politik, pengalihan isu, pengumpulan massa, dan sebagainya.

"Jadi kalau ada (pesan) WA (WhatsApp) yang menyebar, itu sama sekali bukan yang berkenaan dengan acara kami," tegasnya.

Rencananya, kata Cholil, acara tersebut akan dimulai pada pukul 16.00 WIB, yang dirangkai dengan sejumlah kegiatan seperti khataman Al-Quran dan rangkaian tausiah dari para ulama dan habaib setelah Isya.

BACA JUGA: Kunjungan Kerja ke Selandia Baru, Wapres Tinjau Penyembelihan Sapi Bersertifikasi Halal

Beberapa tokoh ulama dijadwalkan hadir, seperti Ahli Tafsir Prof Dr Muhammad Quraish Shihab, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar, Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar, hingga Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin.

Cholil juga mengimbau kepada seluruh organisasi masyarakat (ormas) Islam untuk bersama-sama menyambut Bulan Ramadhan dengan riang gembira.

"Kepada ormas-ormas, MUI, dan masyarakat untuk menyambut Ramadhan dengan baik dan gembira, tentunya dalam rangka ingin mendapatkan berkah dan rida Allah subhanahu wa ta'ala," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Minggu 28 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement