Advertisement

Pos Indonesia-Kemendes PDTT Kerja Sama Perkuat BUMDes

Galih Eko Kurniawan
Senin, 27 November 2023 - 14:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pos Indonesia-Kemendes PDTT Kerja Sama Perkuat BUMDes Kemendes PDTT dan Pos Indonesia saat meninjau PT YPTI, Cangkringan, Sleman, Kamis (16/11/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerja sama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk memperkuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kolaborasi tersebut dilakukan untuk pengembangan desa, daerah tertinggal, transmigrasi serta penguatan BUMDes dan Bumdes Bersama.

Advertisement

Kesepakatan kerja sama tersebut resmi terjalin setelah Kemendesa PDTT dan Pos Indonesia menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja bersama di Kantor PT YPTI, Cangkringan, Sleman, Kamis (16/11/2023).

Selain Pos Indonesia, Kemendes PDTT juga bekerja sama dengan tiga mitra perusahaan lainnya, yaitu PT YPTI, PSPI (Seniman Pangan) dan CV Agradaya.

"Kami menyambut baik kerja sama dengan Pos Indonesia yang memang mempunyai jaringan yang luas,” kata Sekretaris Jenderal Kemendesa PDTT, Taufik Madjid, dalam rilis kepada Harian Jogja, Senin (27/11/2023).

Beberapa poin kerja sama yang disepakati Kemendes PDTT dengan Pos Indonesia di antaranya penyaluran dana, verifikasi data/informasi, BUMDes menjadi Agenpos serta kerja sama lainnya di bidang kurir, logistic dan aset.

Dalam pelaksanaannya, Kemendes PDTT berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa. Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan anggaran dana program.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris menuturkan Pos Indonesia siap memberikan dukungan kepada Kemendes PDTT dengan memfasilitasi pengembangan usaha BUMDes/BUMDes Bersama melalui pola kemitraan. Kemitraan tersebut melalui produk-produk milik Pos Indonesia.

Pos Indonesia juga akan menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk menyalurkan dana kegiatan pengembangan ekonomi dan investasi desa, daerah tertinggal dan transmigrasi kepada penerima manfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dinas Baru yang Akan Dibentuk Pemda DIY Fokus Mengurus Tiga Hal Ini

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement