Advertisement

Ini Daftar Terbaru Pinjol Legal OJK 2023 dan Ciri-cirinya

Nuraini
Jum'at, 27 Oktober 2023 - 07:47 WIB
Ujang Hasanudin
Ini Daftar Terbaru Pinjol Legal OJK 2023 dan Ciri-cirinya Ilustrasi pinjol / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman uang secara online atau pinjol sebaiknya dicek terlebih dahulu legalitasnya. Pinjol legal OJK merupakan salah satu pinjaman online yang menjadi rekomendasi bagi yang ingin meminjam uang secara online.

Ciri-ciri Pinjaman Online Legal Kemunculan pinjaman online ini dikarenakan teknologi yang semakin berkembang. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan pinjol karena mudah dan dapat diakses dari mana saja tanpa harus pergi ke bank dengan membawa surat-surat berharga.

Advertisement

Yang dilakukan hanya perlu melampirkan bukti foto KTP dan foto selfie dengan memegang KTP saja. Apabila ingin melakukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online maka harus paham betul terkait dengan aplikasi yang akan digunakan. 

Jika salah memilih, maka Anda bisa saja terkena penipuan ataupun spamming. Oleh karena itu Anda perlu memahami ciri-ciri pinjol legal sehingga tidak tertipu. Berikut ini, ciri-ciri pinjol resmi yang perlu dipahami. 

Pinjaman online legal OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sudah pasti aman dipilih. Pinjol legal tidak akan menawarkan pinjaman melalui SMS ataupun melalui sambungan telepon pribadi.

Suku bunga dan denda yang ditawarkan juga masih dalam batas wajar yaitu kisaran di bawah 1 sampai 4% tiap harinya.

Biaya peminjaman tidak terlalu tinggi biasanya hanya mencapai 40% dari jumlah pinjaman. Jangka waktu pelunasannya juga masuk akal sesuai dengan kesepakatan yang sudah dilakukan di awal. Pinjol legal juga tidak akan meminta akses seperti; kontak pribadi, data ponsel, foto, ataupun video untuk digunakan meneror peminjam jika tidak melakukan pembayaran. Pinjol legal juga tidak akan melakukan penagihan yang tidak beretika.

Pinjol legal juga memiliki lokasi aplikasi dan identitas yang jelas untuk diketahui oleh peminjam. Selain delapan ciri di atas, ciri lain dari pinjaman legal yaitu keberadaan alamatnya mudah diakses.

Biasanya pinjol ilegal menyewa gedung jauh dari pengetahuan masyarakat agar tak terendus oleh pihak berwajib apabila melakukan tindak kejahatan berupa penipuan dan lain sebagainya.  Sedangkan untuk lokasi dari kantor pinjol legal atau resmi biasanya terdaftar dan juga sangat mudah ditelusuri melalui internet dengan menggunakan Google Maps

BACA JUGA: OJK: Pinjol Tidak Hanya untuk Investasi & Konsumsi, tapi Juga Spekulasi Judi Online

Selain itu, dokumen dan juga persyaratan yang dibutuhkan oleh pinjaman online bodong biasanya berupa dokumen dokumen yang tidak penting untuk pinjaman. Sedangkan untuk pinjol legal, memiliki syarat dan aturan yang lebih ketat terkait dengan dokumen persyaratan untuk menentukan kemampuan finansial dari calon klien mereka.

Privasi data pribadi dari peminjam akan aman jika menggunakan lembaga pinjol yang legal. Lembaga pinjaman online legal ini akan selalu mengedepankan kenyamanan dan juga perlindungan dari konsumen. Aplikasi pinjol legal ini hanya akan meminta akses kamera, mikrofon, serta lokasi dari smartphone peminjam atau klien.

Daftar Pinjol Legal 2023

Setelah memahami ciri-ciri dari pinjol legal, diharapkan masyarakat jadi lebih selektif dalam memilih platform untuk pinjaman online. Berikut ini beberapa daftar pinjaman online legal terbaru yang bisa Anda pilih.

Danamas

investree

amartha

DOMPET Kilat

Boost

TOKO MODAL

modalku

KTA KILAT

Kredit Pintar

Maucash

Finmas

KlikA2C

Akseleran

Ammana.id

PinjamanGO

koinP2P

pohondana

MEKAR

AdaKami

ESTA KAPITAL FINTEK

KREDITPRO

FINTAG

RUPIAH CEPAT

CROWDO

Indodana

JULO

Pinjamwinwin

DanaRupiah

OVO

Finansial

Pinjam Modal

AwanTunai

Danakini

Singa

DANAMERDEKA

EASYCASH

PINJAM YUK

FinPlus

UangMe

PinjamDuit

DANA SYARIAH

BATUMBU

Cashcepat

klikUMKM

Pinjam Gampang

cicil

lumbungdana

360 KREDI

Dhanapala

Kredinesia

Pintek

ModalRakyat

SOLUSIKU

Cairin

TrustIQ

KLIK KAMI

Duha SYARIAH

Invoila

Sanders  One Stop Solution

DanaBagus

UKU

KREDITO

AdaPundi

Lentera Dana Nusantara

Modal Nasional

Komunal

Restock.ID

TaniFund

Ringan

Avantee

Gradana

Danacita

IKI Modal

Ivoji Indofund.id

iGrow

Danai.id

DUMI

LAHAN SIKAM

gazwa.id

KrediFazz

Doeku

Aktivaku

Danain Indosaku

Jembatan Emas

EDUFUND

GandengTangan

PAPITUPI SYARIAH

BantuSaku

danabijak

AdaModal

SamaKita

KawanCicil

CROWDE

KlikCair

ETHIS

SAMIR

UATAS

Asetku

Findaya

Daftar Pinjol Syariah 

Ammana.id

ALAMI DANA SYARIAH

Duha SYARIAH

qazwa.id

PAPITUPI SYARIAH

ETHIS

Itulah ciri pinjol dan beberapa daftar pinjol legal OJK yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman online. Dengan mengetahui dan memahami terkait ciri-ciri pinjol dan daftar pinjol yang legal diharapkan membuat masyarakat lebih selektif dalam memilih pinjaman online yang aman dan resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perahu Jukung Dihantam Ombak di Pantai Sadeng Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 10 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement