Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Keketuaan ASEAN Selanjutnya Dipegang Laos

Ni Luh Anggela
Kamis, 07 September 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Keketuaan ASEAN Selanjutnya Dipegang Laos Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan keketuaan Asean kepada Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone dalam acara penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/9 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menyerahkan tongkat estafet Keketuaan ASEAN ke Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone, seusai mengemban tugas selama setahun penuh.

“Ini saatnya tongkat Keketuaan diserahkan ke Laos, and now we past the button to Laos,” kata Jokowi dalam upacara penutupan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Advertisement

Jokowi berharap agar negara anggota kawasan dapat semakin memperkuat kolaborasi dan kerja sama untuk ASEAN yang damai dan makmur serta menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik untuk semua.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas dukungan keketuaan Indonesia di 2023 dan dengan demikian, KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya secara resmi saya tutup,” ujarnya.

Usai memberikan pidato penutup, Jokowi resmi memberikan palu keketuaan ASEAN ke Perdana Menteri Laos, Sonexay Siphandone. Dengan demikian, keketuaan ASEAN selanjutnya resmi diemban oleh Laos selama setahun ke depan.

BACA JUGA: KTT ASEAN ke-43, Para Pemimpin Negara Sepakat Menegakkan Hukum Laut PBB 1982

Sebagai informasi, KTT ke-43 ASEAN berlangsung pada 5-7 September 2023. Perhelatan diikuti oleh 22 negara dan 9 organisasi internasional, serta diisi dengan 13 pertemuan bilateral.

Adapun, sejumlah negara yang hadir dalam KTT ASEAN 2023 ini yakni Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, Timor Leste, Cook Island, Bangladesh, Korea Selatan, China, Jepang, Kanada, Australia, India, Amerika Serikat, Rusia, dan Thailand.

Sebelumnya, akan ada sejumlah pertemuan yang diadakan, diantaranya di antaranya 20th ASEAN-India Summit, 18th East Asia Summit , 3rd ASEAN-Australia Summit, 13th ASEAN-UN Summit, ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF), serta Closing Ceremony KTT ke-43 ASEAN.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Perundungan di Kalangan Pelajar SMP, Disdikpora Kulonprogo Bakal Libatkan Polisi

Kulonprogo
| Selasa, 03 Oktober 2023, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Danau Toba Dikartu Kuning UNESCO, Sandiaga: Ini Jadi Alarm

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 21:50 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement