Advertisement

Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia, Ada Nama Pemilik Ritel Toko Modern

Novita Sari Simamora
Sabtu, 05 Agustus 2023 - 07:17 WIB
Arief Junianto
Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia, Ada Nama Pemilik Ritel Toko Modern Robert Budi Hartono orang terkaya di indonesia. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABerikut daftar nama orang-orang terkaya di Indonesia. Berada di peringkat pertama adalah Robert Budi Hartono yang sudah lama dikenal sebagai konglomerat yang menjadi orang terkaya di Indonesia. Dia juga pemilik Grup Djarum dan pemilik PT Bank Central Asia Tbk. (BCA).

Nominal kekayaan konglomerat Indonesia sering sekali mengalami fluktuasi secara cepat. Angka kekayaan konglomerat sangat bergantung dengan aksi korporasi, raihan laba, hingga sentimen dari dalam dan luar negeri.

Advertisement

BACA JUGA: Daftar 25 Orang Terkaya di Indonesia, Siapa yang Paling Tajir?

Lantas, nominal daftar kekayaan para konglomerat di Indonesia bisa saja berubah dalam waktu yang relatif singkat. Perubahan itu juga berdampak pada peringkat mereka dalam daftar orang terkaya di Tanah Air.

Dilansir dari Forbes per Juli 2023, Robert Budi Hartono menjadi orang terkaya di Indonesia dan kedua adalah Low Tuck Kwong. 

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia per 19 Juli 2023: 


1. Robert Budi Hartono - Rp396,3 Triliun  

Robert menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dengan harta mencapai US$26,4 miliar atau Rp396,3 triliun. Dia terkenal sebagai pemilik Bank Central Asia (BCA) dan Grup Djarum lainnya.

2. Low Tuck Kwong – Rp393,2 Triliun  

Dia menjadi orang terkaya kedua di Indonesia dengan total kekayaan yang dimilikinya adalah US$26,2 miliar atau setara dengan Rp393,2 triliun. Low Tuck Kwong juga menjadi bos PT Bayan Resources Tbk. (BYAN), hartanya juga terus berfluktuasi.

3. Michael Hartono - Rp378,4 Triliun 

Posisi ketiga dihuni oleh Michael Hartono yang menjalani bisnis serupa dengan Robert. Sama seperti sang saudara, total kekayaan Michael Hartono naik tipis dari yang awalnya mencapai US$25,2 miliar atau sekitar Rp378,4  triliun kini menjadi US$25,5 miliar atau Rp382,3 triliun.

4. Sri Prakash Lohia - Rp108,1 Triliun 

Sri Prakash Lohia adalah seorang pengusaha tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia. Pria kelahiran India ini memiliki kekayaan sekitar US$7,2 miliar atau Rp108,1 triliun. 

5. Prajogo Pangestu - Rp93,1 Triliun 

Prajogo Pangestu adalah pendiri dan pemilik dari Barito Group, yang bergerak dibidang petrokimia, energi panas bumi dan properti, Prajogo mempunyai kekayaan bersih sekitar US$6,2 miliar atau Rp93,1 triliun. 

6. Tahir dan Keluarga - Rp75,1 Triliun 

Sebagai pendiri dari Mayapada Group, Tahir memiliki total kekayaan sekitar US$5 miliar atau sekitar Rp75,1 triliun yang berasal dari beragam bidang, seperti perbankan, kesehatan, dan real estat.  

Kabar terbaru menyebutkan Bank Mayapada (MAYA) telah mendapatkan suntikan dana Rp3 triliun dari Dato' Sri Tahir selaku pemegang saham pengendali. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, suntikan dana itu akan mampu mendongkrak kinerja keuangan bank. 

7. Chairul Tanjung – Rp75,1 Triliun

Sosok pemilik CT Group dengan bisnis yang bergerak di perbankan, jaringan ritel hingga stasiun TV terus mempertahankan posisinya. Dengan konsisten berada di urutan keenam orang terkaya, kekayaannya mencapai US$5 miliar atau Rp75,1triliun.

8. Dewi Kam - Rp64,5 Triliun 

Jika, sebelumnya Dewi Kam berada di posisi terakhir dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia. Per 19 Juli 2023, posisinya melesat ke nomor delapan. Pasalnya, melansir dari Forbes, Dewi Kam mendapatkan sebagian besar kekayaannya berasal dari saham minoritas di perusahaan tambang batu bara Bayan Resources di Indonesia. Saat ini kekayaannya naik drastis menjadi US$4,3 miliar atau setara dengan Rp64,5 triliun dari yang sebelumnya US$3,7 miliar atau Rp55,4 triliun. 

9. Djoko Susanto - Rp63 Triliun 

Djoko kini berada di posisi kesembilan. Sebagai pemilik retail Alfamart, dia memiliki kekayaan sekitar US$4,2 miliar atau Rp63 triliun. Sebelumnya, emiten pengelola Alfamidi miliknya, PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) menargetkan 700 toko baru pada 2023 dan 500 di antaranya adalah tambahan gerai Lawson. Ekspansi agresif Lawson ini merupakan strategi lanjutan yang diterapkan sejak semester II/2022. 

10. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono - Rp60 Triliun

Posisi kekayaan Lim Hariyanto Wijaya Sarwono kerap bergeser beberapa kali selama pertengahan tahun 2023. Jika, beberapa minggu lalu, dia berada di urutan kedelapan.  

Melansir dari Forbes, kini Lim dan keluarga harus rela tergeser, sehingga berada di posisi kesepuluh dengan harta US$4 miliar atau Rp60 triliun.  

Adapun sang anak, Lim Gunawan merupakan Direktur dan CEO Bumitama Agri. Di samping itu, Harita Grup milik keluarga Lim Hariyanto juga bergerak di sektor tambang bauksit melalui PT Cita Mineral Investindo, dan nikel melalui PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL). 

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sudah Kembalikan Semua Uang Suap Tanah Kas Desa, Kejati DIY Tetap Sita Tanah Krido

Jogja
| Jum'at, 29 September 2023, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement