Advertisement

Ada Fenomena Bulan Baru & Perigee, BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob, Cek Waktu & Lokasinya di Sini

Abdul Hamied Razak
Kamis, 01 Juni 2023 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Ada Fenomena Bulan Baru & Perigee, BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob, Cek Waktu & Lokasinya di Sini Kondisi Pelabuhan Tanjung Adikarto di pesisir Desa Karangwuni, Kecamatan Wates, Selasa (12/2 - 2019).dok/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir mewaspadai terjadinya potensi banjir pesisir atau rob. Hal ini menyusul adanya fenomena fase bulan baru dan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Advertisement

Ia mengemukakan fenomena fase bulan baru terjadi pada 3 Juni 2023 dan Perigee pada 6 Juni 2023. Kedua fenomena itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

BACA JUGA: Pantai Bantul Diprediksi Dilanda Banjir Rob hingga Pekan Depan, Ini Imbauan BPBD

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, kata dia, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya pesisir Aceh, pesisir Sumatera Utara, pesisir Sumatera Barat, pesisir Lampung, pesisir Kepulauan Riau, pesisir Bangka Belitung.

Begitu juga di pesisir Banten, pesisir utara DKI Jakarta, pesisir Jawa Barat, pesisir Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, pesisir Bali, pesisir NTB, pesisir NTT, pesisir Kalimantan Barat, pesisir Kalimantan Tengah, pesisir Sulawesi Utara, pesisir Maluku, pesisir Maluku Utara, dan pesisir Papua Selatan.

"Potensi banjir rob ini berbeda waktu hari dan jam di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," katanya.

Ia merinci pesisir Sabang, Meulaboh dan sekitarnya, berpotensi terjadi banjir rob pada 2-9 Juni 2023, kemudian di pesisir Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Labuhan pada 1-8 Juni, pesisir Kota Padang pada 4-7 Juni, pesisir Bandar Lampung pada 4-8 Juni, pesisir Kota Batam dan Bintan pada 3-10 Juni, pesisir Dabo Singkep pada 4-12 Juni, pesisir Karimun pada 4-10 Juni, dan pesisir Tanjung Pinang pada 3-11 Juni.

BACA JUGA: Waspada! Ada Potensi Banjir Rob di Pesisir Selatan Jabar, Jateng dan DIY

Kemudian pesisir Pangkal Pinang potensi rob pada 8-14 Juni, pesisir Tanjung Pandan pada 3-11 Juni, pesisir utara Banten pada 2-10 Juni, pesisir barat dan selatan Banten pada 4-8 Juni, pesisir utara DKI Jakarta pada 1-8 Juni, pesisir Cirebon pada 9-14 Juni, pesisir selatan Sukabumi dan Cianjur pada 7 Juni.

Pesisir Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, pesisir Rembang, Kota Tegal, Kabupaten Brebes pada 7-13 Juni, pesisir Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan DIY pada 7 Juni, pelabuhan Surabaya, pesisir barat dan timur Surabaya, pesisir Kalianget pada 2-8 Juni.

Selain itu potensi rob pesisir Gianyar, Kuta pada 7-8 Juni, pesisir Lombok dan Pesisir Bima pada 2-8 Juni, pesisir Pulau Sumba dan pesisir Sabu-Raijua pada 4-7 Juni, pesisir Kalimantan Barat pada 4-10 Juni, pesisir Kota Waringin barat dan timur pada 5-14 Juni, pesisir selatan Kepulauan Talaud dan Kepulauan Sangihe pada 5-6 Juni.

Pesisir Teluk Ambon, Saumlaki, Kepulauan KAI, Kepulauan Dobo pada 3-7 Juni, pesisir selatan Taliabu, pesisir Kepulauan Sula, pesisir Mangole, pesisir barat Obi, Bacan, Morotai, pesisir Loloda pada 5-7 Juni, pesisir Merauke pada 5-8 Juni, dan pesisir Selat Muli pada 3-8 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement