Advertisement

Pemkab Kediri Bangun Stadion Baru

Newswire
Kamis, 01 Juni 2023 - 12:07 WIB
Jumali
Pemkab Kediri Bangun Stadion Baru Stadion baru di Kediri - Kedirikab

Advertisement

Harianjogja.com, KEDIRI—Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mulai membangun stadion baru yang bertempat di barat Sungai Brantas, dekat dengan area Bandar Udara Kabupaten Kediri.

BACA JUGA: Angkasa Pura Siap Kelola Bandara Doho, Kediri

Advertisement

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan, dalam pengerjaan proyek pembangunan stadion ini dilakukan secara bertahap. Untuk tahun 2023 ini, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp149,79 miliar dari APBD setempat.

"Pembangunan stadion selesai Desember ini tidak menyeluruh, karena membangun stadion itu satu tahun selesai tidak mungkin, ada tahapan-tahapan yang akan dilakukan," katanya saat peresmian pembangunan stadion itu di Kediri, Rabu (1/6/2023).

Proses pembangunan stadion itu melibatkan PT. PP Urban sebagai pelaksana. Bupati meminta agar pengerjaan proyek pembangunan tersebut bisa selesai tepat waktu dan bermutu. Jangka waktu penyelesaian pekerjaan ini adalah 270 hari dimulai 27 Maret sampai 21 Desember 2023.

"Harapannya stadion yang dibangun pemerintah Kabupaten Kediri ini bisa tepat waktu dan tepat mutu," kata dia.

Pembangunan stadion tersebut berlokasi di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. Stadion itu dibangun di atas lahan seluas 106.804 meter persegi dengan luas bangunan 11.220 meter persegi. Lokasinya dekat dengan bandar udara di Kabupaten Kediri, bahkan bisa melihat langsung lokasi bandara. Lokasi ini stadion kedua. Sebelumnya sudah ada stadion di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, yang merupakan timur Sungai Brantas.

Pembangunan itu juga diharapkan bisa menjadi episentrum baru Kabupaten Kediri khususnya wilayah barat Sungai Brantas, sebab selama ini pusat kegiatan banyak bertumpu di wilayah timur Sungai Brantas.

Pihaknya juga berharap nantinya setelah jadi semua pihak ikut bertanggung jawab memelihara. di stadion itu, juga disediakan fasilitas olahraga termasuk untuk tempat lari atau jogging.

"Pada prinsipnya, kami yang ada di pemerintah dan PP Urban berkomitmen penuh untuk memberikan fasilitas olahraga yang mana telah dinanti-nantikan oleh masyarakat Kabupaten Kediri," kata dia.

Untuk nama, Bupati mengatakan hingga kini masih membuka sayembara yang terbuka bagi masyarakat luas. Hasil sayembara akan diumumkan dijadikan nama stadion.

Sementara itu, Direktur Operasi PT. PP Urban Dian Adi Cahyono menyampaikan kebanggaannya dapat berkontribusi dalam pembangunan stadion di Kabupaten Kediri yang mengusung konsep sport, business and entertainment (SBE) tersebut.

Ia mengatakan, ruang lingkup pekerjaan dari perusahaan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, pekerjaan mekanikal, elektrikal dan plumbing dan landscape.

"Kami berkomitmen secara penuh untuk menyelesaikan pembangunan ini secara tepat waktu dan tepat mutu dan proyek ini akan kami kerjakan secara profesional sehingga diperoleh hasil yang berkualitas," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Sebut Sepanjang Ruas Jalan Godean Didominasi Kerusakan

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement