Advertisement

Polisi Tangkap Satu Anggota KKB Papua di Yahukimo

Lukman Nur Hakim
Rabu, 31 Mei 2023 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Polisi Tangkap Satu Anggota KKB Papua di Yahukimo Seorang pria yang diidentifikasi sebagai Philip Mehrtens, pilot Selandia Baru yang disebut-sebut disandera oleh kelompok pro-kemerdekaan, duduk di antara para pejuang separatis di wilayah Papua Indonesia, 6 Maret 2023. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) )/Handout melalui REUTERS - File Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Polda Papua bersama Tim Ops Damai Cartenz 2023 berhasil mengamankan seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Anggota KKB berinisial KB tersebut ditangkap di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan bahwa KB diamankan dalam penggerebekan di salah satu rumah. Rumah itu diduga sebagai tempat persembunyian KKB di Yahukimo.

Advertisement

“KB juga diketahui banyak terlibat dalam aksi-aksi Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua, salah yakni salah satunya penembakan anggota Brimob di KM 7 pada November 2022 lalu,” kata Benny dalam keteranganya, Rabu (31/5/2023).

BACA JUGA: KKB Papua Minta Uang Tebusan Rp500 Juta

Selain menangkap KB, Benny menyebut pihaknya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 buah anak panah, busur, celana berwarna loreng, noken berwarna merah putih, gelang berwarna merah biru, HT, 2 bilah parang dan 3 buah kalung.

Di sisi lain, Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto menjelaskan bahwa proses penggerebekan tersebut berdasarkan hasil keterangan pentolan KKB yakni Kopi Tua Heluka (KTH) yang saat ini dalam proses penyidikan di Polres Yahukimo.

BACA JUGA: Susi Marah kepada KKB di Papua, Karena Ini... Mau Saya Bom?

Dirinya mengatakan bahwa saat ini KB telah berada di Polres Yahukimo untuk menjalani penyidikan dan hingga saat ini situasi di Kabupaten Yahukimo berjalan kondusif.

“KTH dan KB akan menjalani pengembangan penyidikan lebih lanjut guna keterkaitan para pelaku lainnya atas beberapa kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Yahukimo,” ucap Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement