Advertisement

Koalisi Partai Partai Politik, Jika Beda Capres Koalisi Indonesia Bersatu Otomatis Bubar

Newswire
Rabu, 24 Mei 2023 - 22:37 WIB
Maya Herawati
Koalisi Partai Partai Politik, Jika Beda Capres Koalisi Indonesia Bersatu Otomatis Bubar Ilustrasi pemilu, koalisi indonesia bersatu / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sejumlah partai politik (parpol) sudah mengajukan bakal calon presiden untuk Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyatakan jika calon presiden berbeda, koalisi Indonesia bersatu (KIB) bubar dengan sendirinya.

"Koalisi itu sesuatu yang formal, Kalau kemudian masing-masing nanti ternyata putusan pasangan calonnya berbeda, enggak usah perlu ada pernyataan formal. Bubar pun dengan sendirinya dan koalisi itu akan berakhir," katanya di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Advertisement

Ia menilai pembubaran Koalisi Indonesia Bersatu tak perlu dilakukan secara formal. Poros partai politik disebut bakal bubar dengan sendirinya jika anggota sudah memiliki visi misi yang berseberangan. Kendati mengamini KIB berpeluang bubar, Arsul yakin koalisi ini masih bisa berjalan.

Apalagi, kedua anggota Koalisi Indonesia Bersatu, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar belum memutuskan dukungan untuk sosok calon presiden (capres) 2024. "Tapi kan masih ada kemungkinan sama juga, karena kan baik Partai Golkar dan juga PAN masih terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Ganjar dan PDIP," jelasnya.

BACA JUGA: Hore Gaji Ke-13 ASN Cair Pekan Depan, Kemenkeu Siapkan Anggaran Besar

Arsul tak membantah jika nasib KIB bergantung pada keputusan PAN dan Partai Golkar. Mengingat, PPP sudah lebih dulu memutuskan mendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo sebagai capres. "Golkar dan PAN sedang dalam proses mengambil keputusan, apakah keputusannya sama atau tidak sama itu yang nanti akan menentukan status KIB," katanya.

Arsul kembali menekankan jika pembubaran Koalisi Indonesia Bersatu nantinya tidak akan diumumkan secara formal. Menurut dia, adanya perbedaan sikap politik dari setiap anggota cukup menginformasikan jika KIB resmi bubar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement