Advertisement

Hore! Purworejo Bakal Punya Terminal Baru Tipe A

Media Digital
Senin, 22 Mei 2023 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hore! Purworejo Bakal Punya Terminal Baru Tipe A Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan ground-breaking pembangunan Terminal Bus Tipe A di Kabupaten Purworejo, Minggu (21/5/2023). - Ist

Advertisement

PURWOREJO—Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan ground-breaking pembangunan Terminal Bus Tipe A di Kabupaten Purworejo, Minggu (21/5/2023).

Ganjar berharap, terminal yang baru ini dapat membuat masyarakat Purworejo bahagia dan meningkatkan ekonomi.

Advertisement

Terminal baru lokasinya berada di Jalan Gajah Mada Kecamatan Banyuurip, atau depan Mapolres Purworejo. Lokasinya berjarak sekitar 1 kilometer dari bangunan terminal lama yang aset lahannya dimiliki desa.

“Ini terminal nanti fungsinya akan digandakan. Mungkin space tidak terlalu luas tapi secara fungsional akan lebih maksimal. Kesempatan untuk pemkab bisa mengoptimalkan,” kata Ganjar dalam sambutannya.

Ganjar mengatakan, pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo yang baru ini diharapkan membantu mobilitas warga khususnya di sekitar Purworejo. Sehingga perekonomian bisa menggeliat.

Baca juga: Gara-gara Ganjar, NDX AKA Launching Single Terbaru Rambut Putih

Selain itu, Ganjar juga menyinggung rencana aktivasi Stasiun Purworejo yang berhenti beroperasi pada tahun 2010. Ganjar berharap, reaktivasi tersebut menjadi titik balik penataan transportasi di wilayah Purworejo.

“Reaktivasi stasiun itu menarik. Heritagenya bagus, penataannya akan jauh lebih bagus, tidak hanya untuk penataan sistem transportasi, tapi kita ada publik space yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Ganjar.

Terminal ini nantinya akan dikembangkan menjadi terminal terpadu dengan basis transit oriented development (TOD). Terminal terpadu tersebut dapat berfungsi sebagai perkantoran, pusat bisnis, pusat perbelanjaan dan aktivitas penunjang ekonomi lainnya.

Selain itu, juga akan ada area hall seluas 400 meter persegi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan.

“Terima kasih Pak Menteri, mudah-mudahan ini bagian dari pengabdian Pak Menteri bagaimana melayani masyarakat dan membikin mereka bahagia karena dapat fasilitas terbaik,” tandas Ganjar.

Sementara itu Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan, pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo ini semata-mata menterjemahkan arahan Presiden Joko Widodo, untuk membangkitkan angkutan massal.

“Desember ini jadi, insyaallah. Supaya masyarakat lebih senang. Jadi kita di Makassar ada, Palembang ada, Purworejo juga ada (terminal baru),” kata Menteri alumni Universitas Gadjah Mada tersebut.

Pembangunan terminal baru ini akan menghabiskan anggaran hingga Rp35 miliar. Kemenhub menargetkan Terminal Bus Tipe A di Kabupaten Purworejo ini akan selesai pada akhir 2023.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, anggota Komisi V DPR RI Sujadi, Bupati Agus Bastian, dan Forkopimda Purworejo. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Relokasi Makam Mbah Celeng Terdampak Tol Jogja-Solo Dipercepat setelah Terima Rekomendasi Kraton

Sleman
| Senin, 27 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement