Advertisement

Relawan Jokowi-Gibran Dukung Prabowo, Simak Penjelasan Pakar

Solopos
Sabtu, 20 Mei 2023 - 23:17 WIB
Maya Herawati
Relawan Jokowi-Gibran Dukung Prabowo, Simak Penjelasan Pakar Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Angkringan Omah Semar Solo pada Jumat (19/20/2023) malam. - Instagram @prabowo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Langkah itu membentuk persepsi publik bahwa dua politikus yang diusung PDIP itu justru mendukung Prabowo yang merupakan Ketum Partai Gerindra.

Dukungan itu disampaikan relawan Jokowi dan Gibran di Angkringan Omah Semar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jumat (19/05/2023) malam.

Advertisement

“Momen kemarin berurutan untuk membangun persepsi publik. Pak Prabowo bertemu Gibran dulu, relawannya kemudian menyatakan dukungan mereka untuknya. Seolah-olah ingin membentuk persepsi sikap politik Gibran itu mengarah [mendukung] pada Pak Prabowo,” kata pakar Psikologi Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Moh Abdul Hakim, saat dimintai analisisnya, Sabtu (20/5/2023).

Meskipun seolah-olah mempresentasikan sikap politik Gibran. Abdul menilai Gibran memainkan peran politik diplomasi dalam situasi seperti ini.

BACA JUGA: Pembeli Hunian di Tanah Kas Desa: Saya Ingin Sowan ke Gubernur DIY

“Gibran membiarkan relawan-relawannya untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan politik. Karena dia sendiri belum mengambil keputusan,” katanya.

Pergerakan para relawan ini memiliki sifat leluasa dan tidak bisa dikendalikan oleh PDIP karena bukan bagian dari organ partai.

“Sehingga, PDI-P tidak bisa melakukan apapun dan juga dengan Gibran juga mudah berkilah bahwa itu memang sikap sendiri (Relawan) bukan dari dia,” tambahnya.

PDIP juga, sambung Abdul, tak bisa menjatuhkan sanksi kepada Gibran maupun Jokowi atas sikap relawan mereka yang bergerak di luar kebijakan partai.

“Mereka tidak punya konsekuensi politik yang serius karena PDIP tidak bisa melakukan apapun, relawan ini bukan bagian integral dari organ partai. Tetapi di sisi lain kita belum bisa mengatakan jika sikap relawan itu menggambarkan sikap politik Gibran,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, sukarelawan Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka Jateng dan Jatim akhirnya menyalurkan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai Capres pada Pemilu 2024. Prabowo dinilai mampu meneruskan gagasan Jokowi.

Hal itu terungkap pada pertemuan antara Capres Partai Gerindra itu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan 15 perwakilan Sukarelawan Presiden Jokowi dan Sukarelawan Gibran di Angkringan Omah Semar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo, Jumat (19/5/2023) malam. (Sumber Bisnis.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement