Advertisement

Peringati Hari Bumi, PLN Kenalkan SPKLU dan Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan

Media Digital
Sabtu, 13 Mei 2023 - 17:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Peringati Hari Bumi, PLN Kenalkan SPKLU dan Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan PLN bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah memperkenalkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan kendaraan listrik yang ramah lingkungan pada puncak acara perayaan Hari Bumi 2023 yang dilangsungkan di Desa Bulungpayung, Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Jumat (12/5 - 2023). Its

Advertisement

JAKARTA—PLN bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah memperkenalkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan kendaraan listrik yang ramah lingkungan pada puncak acara perayaan Hari Bumi 2023 yang dilangsungkan di Desa Bulungpayung, Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Jumat (12/5/2023).

Mengusung tema Invest in Our Planet Through Sustainable Mining, peringatan Hari Bumi tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan motivasi masyarakat dalam mengapresiasi dan melestarikan bumi.

Advertisement

Kampanye penggunaan moda kendaraan yang ramah lingkungan, kembali digaungkan mengingat salah satu penyumbang terbesar emisi karbon saat ini adalah transportasi.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan sumber daya alam adalah kunci roda perekonomian berjalan, segala sesuatu yang ada di alam dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan, dan manusia wajib menjaga kelestarian alam.

"Kami berharap kepada semua masyarakat untuk menjaga kelestarian alam. Perlu kita kawal bersama dalam pelaksanaannya," ujarnya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, Adi Dwi Laksono yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa PLN berkomitmen untuk mengawal transisi energi yang sedang dijalankan pemerintah, termasuk dengan pembangunan SPKLU yang merupakan fasilitas pendukung ekosistem kendaraan listrik.

PLN telah membangun 20 SPKLU di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yakni SPKLU yang berlokasi di Istana Gedung Agung Yogyakarta, Kawasan Candi Prambanan, Kawasan Candi Borobudur, Kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, PLN Unit Layanan Pelaksana (ULP) Brebes, PLN ULP Slawi, PLN ULP Sukoharjo Kota, PLN ULP Ungaran, PLN ULP Wates, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kudus, PLN UP3 Klaten, PLN UP3 Pekalongan, PLN UP3 Semarang, PLN UP3 Surakarta, PLN UP3 Yogyakarta, Rest Area KM 379 A, Rest Area KM 389 B, Rest Area KM 519 A, Rest Area KM 519 B dan yang terbaru SPKLU di Kantor Walikota Semarang.

“Selain membangun fasilitas pendukung kendaraan listrik, PLN Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta sendiri saat ini mulai menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional, baik motor listrik ataupun mobil listrik." kata Adi.

Selain itu hadir pula, PLN Icon Plus+ sebagai bagian dari PLN Group memberikan penawaran layanan kemudahan digital sebagai unggulannya. Dengan mengusung tagline “We Speak Beyond Connectivity”, PLN Icon+ menawarkan fasilitas internet yang andal, terjangkau dan tanpa batas.

Hingga saat ini, PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Tengah dengan wilayah kerja meliputi provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, melayani 690 pelanggan bisnis (B2B) serta 54.744 pelanggan retail pengguna layanan Iconnet.

Peringatan Hari Bumi tahun ini di Jawa Tengah terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu penanaman 1000 bibit pohon bersama, penganugerahan penghargaan _Good Mining Practice_ (GMP) dan pengukuhan paguyuban penambang di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement