Advertisement

Dua Menteri Maju Caleg NasDem, 14 Artis Lewat PDI Perjuangan

Surya Dua Artha Simanjuntak
Jum'at, 12 Mei 2023 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dua Menteri Maju Caleg NasDem, 14 Artis Lewat PDI Perjuangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) secara serentak di seluruh Indonesia ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (11/5/2023) dengan naik dokar, sementara kader lainnya berjalan kaki. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PDIP dan NasDem resmi mendaftarkan calon legislatifnya (caleg) dalam Pemilu 2024 pada Kamis (11/5/2023). Sejumlah nama tenar masuk dalam daftar nama caleg di dua partai pemerintah tersebut ada nama menteri hingga penyanyi papan atas.

Di NasDem ada nama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Advertisement

NasDem sendiri resmi mengajukan 580 daftar bakal caleg DPR RI ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (11/5/2023). Wakil Ketua Dewan Pakar NasDem Syahrul dan Sekretaris Jenderal NasDem Johnny masuk ke dalam daftar itu.

"Menteri ada dua, Syahrul Yasin Limpo dan Johnny G. plate. Itu yang maju," ungkap Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Izin Pemanfaatan Tanah Kraton Jogja untuk Proyek Tol Jogja-Bawen Menunggu Rampungnya Konsultasi Publik

Untuk Syahrul, akan bersaing di daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Selatan I, yang terdiri dari Kabupaten Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Takalar, dan Kota Makassar.

Sedangkan Johnny akan bersaing di dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) I, yang terdiri dari Kabupaten Alor, Ende, Flores Timur, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, dan Sikka.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai NasDem Prananda Surya Paloh menjelaskan seluruh daftar bakal caleg yang diajukan banyak diisi anggota DPR petahana. Selain itu, Prananda mengatakan daftar itu dominasi kader NasDem berusia lebih dari 50 tahun.

"Kami banyak di bawah 45 tahun. Tetapi memang yang menjadi dominan di pemilu ketiga ini di kisaran 55 sampai 60 tahun," jelas Prananda pada kesempatan yang sama.

Dia pun mengingatkan, Pileg 2024 tak kalah penting dengan Pilpres 2024. Oleh sebab itu NasDem akan berupaya meraih target yaitu 100 kursi DPR atau masuk dua besar peraih suara terbanyak pada Pemilu 2024.

"Kami sadar, biasanya pemilu ketiga akan membuat partai kita menjadi partai yang besar atau tetap menjadi partai menengah. Atas dukungan masyarakat Indonesia kami haqqul, yakin, kami akan merebut paling tidak dua besar," tutup Prananda.

PDI Perjuangan

Sementara itu, PDIP resmi mengajukan 580 daftar bakal calon legislatif (caleg) DPR RI untuk Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum pada Kamis (11/5/2023). Di antaranya, ada belasan bakal caleg PDIP dari kalangan publik figur.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan ada 14 bakal caleg DPR dari kalangan budayawan, seniman, dan juga artis. "Jadi ada sekitar 14 [bakal caleg DPR dari PDIP] dari kalangan budayawan, seniman dan juga artis yang memang terbukti memiliki kompetensi yang sangat kuat," ungkap Hasto di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Dari 14 kalangan publik figur itu, ada beberapa yang memang merupakan anggota DPR petahana seperti seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, dan Junico Siahaan. Selain itu, ada juga sosok-sosok baru seperti Once Mekel, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo, Lita Zein, Andre Hehanussa, dan Lucky Perdana.

"Krisdayanti misalnya, beliau sebagai diva dan juga sangat rajin turun ke bawah. Demikian pula sosok seperti Rano Karno, Si Doel Anak Betawi itu juga menggelorakan suatu semangat keberpihakan terhadap wong cilik," ujar Hasto.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan sebagai besar daftar bakal caleg yang diajukam merupakan kader PDIP yang telah melalui pendidikan politik kepartaian.

Ada nama kader yang sudah tak asing didaftarkan jadi bakal caleg, seperti Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yosanna Laoly. Dia pun mengklaim 580 bakal caleg DPR itu sudah diuji kualitas.

Menurutnya, bakal caleg PDIP dapat mempertanggungjawabkan kompetensinya. "[Partai] melakukan pembekalan terhadap seluruh calon anggota legislatif sehingga seluruh bakal calon tersebut dipersiapkan dengan sebaik-baiknya termasuk telah melalui psikotes," ucapnya.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Bantul Gelar Festival Karawitan

Bantul
| Kamis, 20 Juni 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement