Advertisement

Dengar Presiden Beri Rp800 Miliar untuk Jalan Rusak Lampung, Respons Gubernur Menggemaskan

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 06 Mei 2023 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dengar Presiden Beri Rp800 Miliar untuk Jalan Rusak Lampung, Respons Gubernur Menggemaskan Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung nomor urut 3 Arinal Djunaidi-Chusnunia (Arinal-Nunik). - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejak Presiden Jokowi mengecek jalan rusak di Lampung Jumat (5/5/2023) kemarin, Lampung beserta Gubernurnya Arinal Djunaidi terus menjadi perbincangan publik. Terbaru, respons heboh gubernur saat mendengar Presiden Jokowi mengambil alih perbaikan jalan rusak ke tangan Pemerintah Pusat pun viral di media sosial.

Video tersebut terus berseliweran di media sosial Twitter, baik melalui tagar 800 M, bangunin, presiden, maupun Lampung. Hingga Sabtu (6/5/2023) siang, tagar-tagar tersebut masih betah trending di Twitter.

Advertisement

Pengguna Twitter banyak mencuitkan tanggapan soal Pemerintah Pusat yang menggelontorkan dana senilai Rp800 miliar untuk perbaikan beberapa jalan rusak di Lampung tersebut.

Dana sebesar itu akan digunakan untuk memperbaiki setidaknya 15 ruas jalan rusak, baik jalan nasional, provinsi maupun jalan kabupaten/kota.

Dalam video yang beredar, Presiden Jokowi terlihat sedang menyampaikan keterangan pers soal penanganan jalan rusak di depan awak media didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki, Menteri BUMN Erick Thohir, dan juga Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Baca juga: Alasan Jokowi Tak Mau Gunakan Jalur yang Disiapkan di Lampung

"Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi baik jalan kabupaten, baik jalan provinsi, jalan kabupaten kota yang rusak parah. Dan masyarakat harus tahu ada tanggung jawab jalan nasional itu di pemerintah pusat, jalan provinsi di gubernur, jalan kabupaten di bupati dan wali kota. Tetapi karena ini sudah lama maka akan diambil alih oleh pemerintah pusat," kata presiden dari video yang diunggah akun @opiik_piss. 

Mendengar kalimat itu, sontak Arinal Djunaidi yang berdiri di belakang presiden, langsung sumringah dan bertepuk tangan sekalipun tiga menteri dan orang-orang di sekitarnya tidak ikut bertepuk tangan.

"Tahun ini pemerintah pusat khusus untuk Lampung akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp800 miliar untuk 15 ruas jalan, termasuk ini," sambung presiden.

Lagi-lagi, gubernur pun langsung sumringah mendengar pernyataan presiden tersebut. Ia terlihat langsung membisikkan sesuatu hal kepada Menteri Basuki yang berdiri di sampingnya.

Di akhir penjelasannya, presiden menegaskan bahwa provinsi tidak akan lepas tangan karena tanggung jawab sepenuhnya dalam penanganan jalan rusak di Lampung tidak hanya Pemerintah Pusat. "Beberapa ruas ada yang menjadi tanggung jawab pak gubernur, ada yang menjadi tanggung jawabnya bapak ibu bupati dan wali kota, jangan semuanya pemerintah pusat," tegas presiden. 

Respons Menggemaskan

Warganet yang melihat tayangan video itu pun ikut berkomentar. Salah satu akun menuliskan respons Gubernur Arinal terlihat menggemaskan.

"Saat presiden bicara soal anggaran 800 M utk belasan ruas jalan di Lampung, gubernur berusaha terlihat menggemaskan. ," tulis @zoelfick.

"Raut wajah Gubernur Lampung malah kegirangan kyk anak TK dapat hadiah permen," timpal @DjengNoni.

"Gubenur Lampung kok malah tepuk tangan ki piye toh, sebagai pejabat yang beberapa pekan di elu-elukan masyrakat lampung terkait kondisi ruas jalan yang rusak, harusnya malu krn tugas perbaikan diambil alih," tulis @Hendi74370131 mengomentari soal pengambilalihan penanganan jalan rusak itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Twitter

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement