Advertisement

Ingin Aman Parkir Sepeda Motor? Lakukan Hal Ini

Astrid Prihatini WD
Minggu, 30 April 2023 - 08:47 WIB
Jumali
Ingin Aman Parkir Sepeda Motor? Lakukan Hal Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Agar sepeda motormu tetap aman dari tindak pencurian maupun kebakaran, sebaiknya perhatikan tips parkir berikut ini. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

BACA JUGA: Ada Parkir Motor Seharga Rp1 di Jogja

Advertisement

Saat mobilitas tinggi seperti momen arus balik Lebaran 2023 ini, tak sedikit pengendara tidak memperhatikan cara memarkir tunggangan mereka dengan baik dan benar. Misalnya saat berhenti di restoran untuk sekadar beristirahat dan menyantap makanan.

Memarkir motor meski terbilang mudah dan tidak ribet, namun tetap butuh perhatian dan keamanan ekstra. Jika tidak berhati-hati, kendaraan kesayangan kamu bisa jadi sasaran para pencuri. Maka dari itu memarkir motor harus di tempat yang dijaga atau dirasa aman.

Dikutip dari federaloil.co.id, Sabtu (29/4/2023), Product Quality Monitoring MPM Honda Jatim Teguh Hariyanto membagikan tips parkir motor yang baik dan aman:

1. Hindari tempat yang ada benda-benda yang mudah terbakar

Tujuannya adalah agar motor terhindar dari bahaya kebakaran. Cari tempat parkir yang jauh dari benda mudah terbakar seperti area tempat sampah, tempat pengelasan, dan kandang ternak.

2. Pastikan stang kemudi terkunci

Tips aman parkir motor berikutnya adalah pastikan stang kemudi terkunci. Hal ini bertujuan agar terhindar dari tindakan pencurian terhadap motor kesayangmu. Bila perlu gembok cakram dan area standart tengah dengan kunci gembok. Untuk tipe motor tertentu bisa mengaktifkan fitur anti theft alarm system. Jangan lupa juga tutup cover rumah kuncinya.

3. Jangan tinggalkan barang yang dapat memicu terjadinya kebakaran di bagasi atau di console box misalnya korek api gas

Karena benda tersebut jika terkena panas akan mudah meledak dan bisa mengakibatkan pemicu terjadinya kebakaran.

4. Pastikan kunci kontak posisi off (mati)

Tips berikutnya parkir aman motor adalah pastikan kunci kontak posisi mati. Pada saat memarkir motor jangan meninggalkan motor dengan kunci kontak posisi ON karena akan mengakibatkan aki motor malah menjadi tekor atau soak. Terlebih saat ini banyak motor yang tidak dilengkapi kick-starter, maka kondisi aki harus selalu prima.

5. Parkirlah di tempat teduh.

Ada baiknya motor tidak diletakkan di tempat terbuka yang memungkinkan terkena kotoran, sinar matahari atau guyuran hujan. “Yang tak kalah penting, perlu diperhatikan juga sirkulasi udara ditempat parkir motor baik.” kata Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement