Advertisement

Menhub Minta KAI Buka Pembelian Tiket KA secara Go Show

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 22 April 2023 - 22:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Menhub Minta KAI Buka Pembelian Tiket KA secara Go Show Ratusan pemudik dari Jakarta yang menggunakan Kereta Api Progo turun di di Stasiun Lempuyangan, Jogja, Rabu (27/4/2022)-Harian Jogja - Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Moda transportasi kereta api menjadi salah satu pilihan warga untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Animo warga yang tinggi itu membuat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pengelola transportasi kereta api membuka keran go show bagi penumpang. Menhub menyampaikan pesan itu dalam teleconference bersama jajaran kementerian serta operator, Sabtu (22/4/2023).

Advertisement

Dalam kesempatan itu, Budi menuturkan mengunjungi Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah pada 20 April 2023. Pihaknya mengungkapkan mendapat informasi bahwa ada penumpang yang kesulitan mendapatkan akses tiket. "Ada yang akses untuk mendapatkan tiket susah. Tetapi begitu kami cek, ada kursi yang kosong. Jangan sampai kosong kursinya. Jadi, buka kesempatan untuk go show saja," kata alumnus UGM tersebut.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, menjelaskan informasi yang diperoleh Menhub dari masyarakat bersifat acak terkait tujuan perjalanan kereta dari penumpang yang kesulitan mendapatkan akses tiket itu. "Informasinya tiket sudah habis bahkan sebelum puncak sudah sulit dicari tiketnya. Ternyata setelah Menteri mengecek pada H-2 masih tersedia kursinya. Ini tidak ada tujuan spesifik mana jadi Pak Menteri bilang coba saja go show mingkin masih tersedia saat itu," katanya.

Ia menambahkan semua operator transportasi termasuk kereta api memang sudah menerapkan pemesanan tiket melalui aplikasi sehingga bisa terlihat ketersediaan kursi. Kendati demikian, konsumen kereta api menurutnya memiliki segmentasi yang lebih lebar sehingga ada konsumen memiliki literasi digital yang tidak mumpuni sehingga peluang untuk go show mestinya juga dipikirkan oleh operator.

Jadi, imbauan ke operator selain terus sosialisasi pemesanan lewat aplikasi, juga bisa akomodasi segmen yang belum terliterasi online dengan baik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement