Advertisement

Rumah Ditinggal Mudik, Begini Tips Memastikan Listrik Aman

Newswire
Jum'at, 14 April 2023 - 23:57 WIB
Arief Junianto
Rumah Ditinggal Mudik, Begini Tips Memastikan Listrik Aman Ilustrasi petugas PLN. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT PLN mengimbau masyarakat untuk dapat mengecek dan memastikan listrik di rumah dalam kondisi aman saat mudik Lebaran. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan pers yang diterima ANTARA, Jumat, mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati saat hendak melakukan perjalanan mudik. "Ketika waktu mudik lebaran tiba dan semua anggota keluarga harus meninggalkan rumah, masyarakat perlu memastikan keamanan instalasi listriknya,” ucap Darmawan, Jumat (14/4/2023).

Sebelum melakukan perjalanan mudik, masyarakat perlu memperhatikan keamanan instalasi demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting listrik.

Advertisement

Senada, Anggota Komisi VI DPR RI Aria Bima saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Komisi VI dengan PLN Selasa (11/4/2023). “Kerap kali saat orang pergi mudik rumahnya terbakar karena korsleting, saya harap PLN bisa menyosialisasikan keamanan listrik terutama untuk rumah yang ditinggal mudik lebaran,” ujar Aria Bima.

Untuk mempersiapkan mudik lebaran yang aman, PLN memberikan tip kepada masyarakat agar listrik rumah tetap aman saat ditinggal. Pertama adalah mengecek sambungan listrik. Jika ada peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan, segera cabut dari stop kontak.

BACA JUGA: Dipicu Korsleting Listrik, Ini Kronologi Kebakaran Hebat Gedung Bank BTPN Jogja

Kedua, bagi pelanggan pascabayar, PLN menyarankan untuk membayar listrik pada awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman dan terhindar dari pemutusan. Bagi pelanggan prabayar, disarankan mengisi token listrik secukupnya dan siapkan cadangan bila diperlukan agar listrik tetap menyala, khususnya untuk penerangan.

Ketiga, cek instalasi listrik dalam rumah sebelum mudik terutama jika sering terjadi korsleting. Masyarakat bisa memeriksa instalasi listrik di rumah dengan bantuan instalatur resmi terdaftar.

Keempat, apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN menggunakan promosi tambah daya Terangi Ramadhan 2023.

Terakhir, lapor kepada RT dan RW setempat, serta titipkan rumah ke tetangga terdekat yang tidak melakukan mudik Lebaran. "Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pemeriksaan listriknya nanti sebelum mudik, agar mudik aman dan nyaman," kata Darmawan.

Jika membutuhkan layanan PLN, pelanggan dapat mengakses aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Google PlayStore dan App Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Darurat Sampah Membayangi Bantul, Pemkab Bantul Tetap Optimistis Bersih Sampah 2025 Tercapai

Bantul
| Jum'at, 19 Juli 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement