Advertisement

AP I Bidik 68 Juta Penumpang Pesawat Tahun Ini

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Kamis, 09 Februari 2023 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
AP I Bidik 68 Juta Penumpang Pesawat Tahun Ini Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara. - Dok. Angkasa Pura I

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menargetkan 68 juta penumpang pesawat pada 2023. Sejumlah strategi, mulai dari implementasi strategi hub & spoke hingga transformasi digital disiapkan perusahaan untuk mengejar target tersebut.

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, mengatakan untuk mencapai target tersebut perusahaan akan menerapkan transformasi bisnis secara menyeluruh. Fokus perusahaan terdiri atas 3 pilar utama yakni perputaran bisnis, organisasi dan budaya, serta restrukturisasi finansial.

Advertisement

Ketiga pilar ini juga didukung oleh digitalisasi sebagai key enablers dari transformasi tersebut.

“Dengan fokus menerapkan transformasi, kami berharap dapat meningkatkan kinerja dan menciptakan bisnis ke depan yang berkelanjutan bagi Angkasa Pura I,” ujar Faik dalam siaran pers, Rabu (8/2/2023).

Faik menjelaskan pada perputaran bisnis AP I akan melakukan transformasi operasional dan strategi bisnis guna memaksimalkan value proposition melalui pertumbuhan trafik, peningkatan pendapatan dan implementasi strategi hub & spoke bandara.

AP I juga melakukan transformasi ganda baik dari segi operational excellence maupun business transformation, pengembangan dari customer experience dan optimalisasi capital expenditure (capex) dan operating expenditure (opex).

Sementara itu, pilar restrukturisasi finansial menjadi salah satu solusi untuk menghadapi tekanan likuiditas akibat pandemi yang telah terjadi tiga tahun belakangan.

Adapun, transformasi digital sebagai key enablers dengan implementasi digitalisasi baik pada aspek struktur, proses, maupun SDM. Digitalisasi berfokus pada operasi perampingan (lean operations) melalui teknologi serta IT monetizing.

“Kami berharap dengan komitmen perusahaan yang tinggi dan melalui penerapan transformasi bisnis secara mumpuni dan optimal dapat mencapai target Angkasa Pura I di 2023 dan secara berkelanjutan,” ujar Faik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement