Advertisement

Gawat! 63 Juta Warga Indonesia Belum Menikmati Internet

Rahmi Yati
Sabtu, 04 Februari 2023 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gawat! 63 Juta Warga Indonesia Belum Menikmati Internet Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Laporan We Are Social mencatat sebanyak 63 juta orang atau 23% dari total populasi orang di Indonesia belum terhubung dan menikmati manfaat internet.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhamad Arif menilai hal tersebut terjadi karena beberapa hal.

Advertisement

"Berdasarkan survei yang dilakukan oleh APJII, alasan masyarakat Indonesia belum terkoneksi dengan internet disebabkan biaya internet yang mahal," kata Arif, Sabtu (4/2/2023).

Bukan itu saja, menurutnya tidak adanya komputer atau gadget yang terhubung ke internet serta belum meratanya internet di Tanah Air juga berkontribusi terhadap jumlah tersebut.

Baca juga: Rumor Penculikan Anak Marak di Jogja dan Sekitarnya, Begini Cara Orang Tua Mengatasinya

"Masih ada orang yang tidak memiliki komputer atau gadget yang terhubung ke internet, dan di wilayahnya tidak ada sambungan internet," ucap Arif.

Sebelumnya, We Are Social melaporkan bahwa Indonesia berada pada posisi ke-8 secara global untuk kategori jumlah penduduk yang belum terhubung ke internet.

Dari laporan tersebut, dikatakan sebanyak 63 juta orang belum terhubung ke internet. Jumlah ini sama dengan 23 persen dari total populasi yang ada di Indonesia.

Adapun peringkat pertama diduduki oleh India. Negara itu dinilai jadi negara dengan jumlah populasi terbanyak yang tak terhubung ke internet yakni sebanyak 730 juta orang (51,3 persen).

Lebih mengejutkan lagi, meskipun menunjukkan tingkat adopsi internet lebih dari 70 persen, China ternyata menduduki posisi kedua dengan jumlah populasi terbanyak yang tidak terhubung dengan internet, yakni hampir 375 juta orang di seluruh negeri (26,3 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement