Advertisement

Klarifikasi Pengusaha Jhon LBF yang Viral Atas Tudingan Pecat Karyawan

Sunartono
Selasa, 24 Januari 2023 - 17:47 WIB
Sunartono
Klarifikasi Pengusaha Jhon LBF yang Viral Atas Tudingan Pecat Karyawan Jhon LBF. - Youtube.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pengusaha Bernama Henry Kurniadi Sutikno atau punya nama populer Jhon LBF memberikan klarifikasi terkait viralnya tudingan mantan karyawan bahwa dirinya suka melakukan pemecatan.

Sebagaimana diketahui postingan salah satu manta karyawannya viral di twitter. “Gamauu ah soalnya suka potong gaji karyawan sesukanya, tapi sayangnya waktu potong gaji gapernah dikontenin dan pecatin karyawannya tapi haknya ga dikeluarin yang seharusnya, slip gaji pun gapernah ada," tulis mantan karyawan tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Akibat dari cuitan tersebut, Jhon LBF pun dihujat warganet. Mengingat selama ini warganet melihat Jhon LBF merupakan sosok yang royal terhadap karyawannya. Melalui sejumlah kontennya yang viral di platform Tiktok beberapa kali Jhon LBF memberikan kenaikan gaji kepada karyawan hingga membelikan motor karyawan yang motornya rusak.

BACA JUGA : Profil Jhon LBF, Viral Karena Suka Pecat Karyawan? 

Terkait hujatan itu, Jhon LBF lewat klarifikasinya mengaku prihatin karena warganet melihat informasi itu hanya dari satu sisi.

“Saya prihatin karena yang disampaikan harus ada pembuktian, harus jeli melihat informasi di medsos. Kalau ramai di medsos, kalau kita mau mendengar silahkan juga tanya 136 karyawan saya, bagaimana kami memperlakukan karyawan. Sangat kami manjakan,” katanya dalam video yang diunggah di akun KH Infotainment sebagaimana dipantau Harianjogja.com, Selasa (24/1/2023).

Pria yang 2019 masih menjadi karyawan ini mengatakan setiap kali ada karyawan baru, ia selalu menanyakan terkait biaya operasional. Jika tidak memiliki biaya operasional untuk pulang pergi ke kantor, maka akan langsung dibantu. Bahkan, kata dia, pernah membantu menebus ijazah karyawan yang ditahan hingga Rp18 juta dan membantu karyawan nikah sampai Rp40 juta.

“Pengusaha tidak akan pernah bisa kerja tanpa karyawan, saya tidak mungkin bertindak semena-mena terhadap karyawan,” ujarnya.

Terkait tudingan mantan karyawannya itu, Jhon mengatakan saat mantan karyawan tersebut bekerja di perusahaannya, ia belum sebagai pemilik perusahaan tersebut melainkan masih menjabat sebagai manager marketing. Kebetulan karyawan itu merupakan bawahannya dan ia yang mengajari sejak awal, bahkan sempat menangis memohon untuk dapat diterima kerja.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Kagum Melihat Hasil Renovasi Solo Safari

“Saudara ini masuk saya masih marketing tahun 2020, antara September atau Oktober. Masuk memohon sampai menangis, saya ingin kerja, akhirnya saya terima posisi marketing, waktu itu saya belum jadi owner. Tipenya dia kurang komunikasi, saya arahkan cari prospek,” ucapnya

“Selama ini hubungan saya baik-baik saja, ini kerja 21 bulan, selama proses di perusahaan ini dengan aturan, ada datanya semua. Ketika klien komplain hubungi ke saya, kasih teguran, ada buktinya. Pernah kasih beri surat peringatan pertama juga ada buktinya,” ujarnya.

Selain itu Jhon menegaskan karyawan tersebut hengkang dari perusahaannya bukan karena dipecat. Melainkan resain secara mandiri pada 27 Oktober 2022 dengan alasan mau membuka usaha.

“Menurut saya dugaan fitnah pencemaran nama baik. Dia saya bimbing dari nol, gajinya dua digit, bahkan kalau dapat klien, dia bisa dapat [gaji] sampai 30 juta,” katanya.

Jhon LBF memiliki berbagai usaha antara lain PT Lima Sekawan Indonesia (Hive Five), jhontraktor.co, Jhontainment, jhonskin.co, dan Jhontax. Jhon LBF juga memiliki usaha pembuatan vape bernama Mevol. Selain dari bisnis, Jhon LBF juga dikenal sebagai konten kreator.

Dia memiliki akun TikTok bernama @jhon.lbf_official yang telah memiliki 4,2 juta followers pada Januari 2023. Dalam akun TikToknya tersebut, Jhon LBF sering mengunggah betapa murah hatinya dia terhadap karyawan-karyawannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jembatan Srandakan 3 Akan Menghubungkan JJLS di Selatan DIY

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Ingin Melancong Sendirian? Ini Daftar 15 Negara yang Aman bagi Solo Traveler Perempuan

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement