Advertisement

10 Ular Ditemukan di Dapur Sekolah

Taufiq Sidik Prakoso
Rabu, 11 Januari 2023 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
10 Ular Ditemukan di Dapur Sekolah Petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten menangkap ular di bawah gudang MI Muhammadiyah Kupang, Kecamatan Karangdowo, Rabu (11/1/2023) sore. - Istimewa/Satpol PP dan Damkar Klaten

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Sebanyak 10 ular ditangkap petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten dari dapur satu sekolah di Kecamatan Karangdowo, Rabu (11/1/2023) sore.

Sebelumnya, petugas Damkar Klaten menerima laporan ancaman ular dari salah satu guru di MI Muhammadiyah Kupang, Kecamatan Karangdowo. Sekitar pukul 13.20 WIB, petugas Damkar langsung mendatangi lokasi dan melakukan proses penangkapan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Tak hanya satu ekor, petugas Damkar mendapati 10 ekor ular. Sebanyak sembilan ular merupakan jenis Kobra Jawa atau memiliki nama latin Naja sputatrix.

Panjang masing-masing ular kobra itu sekitar 30 sentimeter. Sementara, satu ular berjenis ular jali atau dengan nama latin Ptyas korros dengan panjang sekitar 1,5 meter ditangkap di lubang tikus di bawah gudang. Petugas Damkar Klaten meninggalkan sekolah tersebut setelah memastikan tak ada lagi ular yang berkeliaran di sekolah.

BACA JUGA: Cerita Warga yang Sedih meski Mendapat Ganti Rugi Tol Jogja Solo Miliaran Rupiah

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, mengatakan sehari sebelumnya guru sekolah setempat menemukan dan menangkap sejumlah ular berukuran kecil di dapur sekolah. Guru sekolah setempat kembali menemukan ular dan meminta bantuan ke Damkar Klaten pada Rabu.

Sebanyak sembilan ular Kobra Jawa berukuran kecil ditemukan di bawah lemari dengan kondisi lembab. Lokasi lemari itu berada di dapur.

Ular-ular tersebut belum lama menetas. Induk ular sebelumnya diperkirakan masuk melalui saluran pembuangan air yang terhubung dengan dapur. Di sisi kiri dan kanan sekolah itu merupakan lahan persawahan.

Petugas memastikan tak ada ular yang sampai masuk ke ruang kelas. Selain di dapur, petugas Damkar Klaten menyisir seluruh bagian sekolah tersebut dan dipastikan ular-ular itu hanya ada di kawasan dapur. Setelah berhasil ditangkap, ular-ular itu kemudian dibawa ke Pos Damkar Klaten.

“Nantinya kami serahkan ke komunitas pecinta reptil untuk dirilis [lepasliarkan di daerah yang jauh dari permukiman],” kata Sumino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Padat Karya Bantul Berdayakan Warga Miskin di 70 Kalurahan

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement