Advertisement

Kapan Waktu yang Tepat Minum Antibiotik? Ini Penjelasan Pakar

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 08 Januari 2023 - 22:17 WIB
Sunartono
Kapan Waktu yang Tepat Minum Antibiotik? Ini Penjelasan Pakar Antibiotik - telegraph.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hampir semua dokter menyarankan jangan sembarangan mengonsumsi antibiotik.

Ini karena ancaman utama dari resistensi antibiotik sudah memicu masalah kesehatan yang cukup serius.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

WHO menyatakan resistensi terhadap antibiotik ini setelah penggunaan dan penyalahgunaan yang berlebihan menyebabkan 1,27 juta kematian per tahun di seluruh dunia.

Jadi apa aturan umum tentang antibiotik? Dr Neha Gupta, Konsultan Penyakit Menular, Fortis Memorial Research Institute, Gurugram menjelaskan, tubuh manusi aterinfeksi karena beberapa alasan.

Obat yang bekerja melawan infeksi bakteri disebut antibiotik. Ini membunuh atau menekan aktivitas bakteri dan juga dikenal sebagai 'peluru ajaib'." Aturan umum dalam hal penggunaan antibiotik adalah 'tidak meminumnya tanpa diagnosis yang tepat'. Itu harus diambil hanya di bawah pengawasan dokter.

"Penggunaan antibiotik tergantung pada penyebab infeksi dan bakteri yang menyebabkannya. Misalnya, jika seseorang mengalami bisul kulit, mereka harus segera diberi antibiotik untuk memeriksa penyebaran infeksi. Sama halnya dengan infeksi otak atau infeksi saluran kemih dimana kita harus segera memberikan antibiotik, saat ini kita melihat banyak batuk dan pilek dan sangat sulit untuk membedakan apakah itu infeksi virus atau infeksi," paparnya.

Dalam kasus infeksi saluran pernapasan atas, katanya, kita memerlukan antibiotik jika demam meningkat bahkan pada hari ketiga, ada batuk produktif dengan dahak dan sakit tenggorokan yang parah. Jadi kita perlu memahami bahwa infeksi saluran pernapasan atas dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Tes patologis dapat memastikan hal ini dengan benar.

"Antibiotik adalah peluru ajaib. Jika kita membutuhkannya, kita harus meminumnya dalam dosis yang tepat. Orang tidak boleh mengonsumsinya sembarangan. Ini dapat menyebabkan demam obat, termasuk disfungsi hati, ruam, bicara tidak jelas, dan dapat menyebabkan neurotoksisitas," ujarnya.

Karena itu, penting untuk melakukan diagnosis terlebih dahulu. 

Efek merusak dari tidak meminum antibiotik pada waktu yang tepat bergantung pada tempat infeksi dan bakteri yang terlibat di dalamnya. Misalnya, jika itu adalah infeksi otak akibat Streptococcus pneumoniae atau infeksi paru-paru dan jika antibiotik tidak dimulai dengan benar, bakteri dapat menyebar ke organ lain melalui darah dan memengaruhi fungsinya. Demikian pula dalam kasus ISK, jika tidak ditangani dapat mempengaruhi ginjal.

Anjuran dan larangan penggunaan antibiotik

Seseorang harus berhati-hati dengan makanan saat mereka menggunakan antibiotik. Hindari makanan pedas karena dapat menyebabkan masalah pencernaan. Misalnya, fluoroquinolone tidak boleh dikonsumsi dengan susu dan produk susu. Azitromisin harus diminum saat perut kosong karena membantu penyerapan obat yang lebih baik Antibiotik tertentu seperti penisilin, amoksisilin harus diminum setelah makan.

Kita juga perlu mengetahui obat lain saat memberikan antibiotik. Misalnya, Linezolid tidak boleh diberikan kepada mereka yang menggunakan antidepresan karena obat ini dapat berinteraksi."

Aturannya adalah meminum antibiotik dalam dosis yang tepat dan untuk durasi yang tepat. Banyak orang menghentikan pengobatan. Dosis antibiotik yang kurang optimal menyebabkan resistensi antibiotik. Ini adalah salah satu ancaman global saat ini dan akan menimbulkan risiko yang lebih besar bagi orang-orang bahkan lebih dari ancaman penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement