Advertisement

Menteri Bahlil Bandingkan Era Anies dengan Heru Budi Terkait Perizinan

Pernita Hestin Untari
Rabu, 04 Januari 2023 - 14:17 WIB
Sunartono
Menteri Bahlil Bandingkan Era Anies dengan Heru Budi Terkait Perizinan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. - Bisnis/Ni Luh Anggela

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia memuji Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai bertemu di Balai Kota, DKI Jakarta, Selasa (3/1/2023). Dia mengatakan bahwa komunikasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan Kementerian sangat baik di bawah kepemimpinan Kepala Sekretariat Presiden itu.

“Saya terimakasih, jujur ini selama perizinan baru kali ini komunikasi sangat bagus antara Pemerintah [Provinsi] DKI dengan Kementerian,” kata Bahlil di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dia pun berharap proses terkait dengan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) bisa lebih cepat. Seperti diketahui, perizinan tersebut diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama Menteri, Pimpinan Lembaga, Gubernur, atau Bupati/Wali Kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

BACA JUGA : Bukan Pegawai, Menteri Bahlil Arahkan Lulusan UGM 

“Jadi harapan kita tukar data cepat, pelayanan cepat, sistem terintegrasi itu sebenarnya intinya,” imbuh Bahlil.

Bahlil turut menyinggung komunikasi Kementerian dengan Pemprov DKI sebelum Heru Budi masih belum maksimal. Dia pun kembali memuji kinerja Heru yang menurutnya lebih baik.

“Belum maksimal [Gubernur DKI sebelumnya], kalau ini pak Heru paten punya, karena percepatan,” tandasnya.

Anies Baswedan diketahui memimpin DKI Jakarta pada periode Oktober 2017 sampai 16 Oktober 2022. Diberitakan sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia bertemu dengan  Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, pada Selasa (3/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, keduanya membahas soal Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS). Heru pun berharap dengan sinergi tersebut menjadi awal terciptanya proses percepatan perizinan investasi. 

"Saya berterima kasih kepada Pak Menteri [Investasi] yang telah membagikan berbagai data untuk kepentingan percepatan perizinan [investasi] di Jakarta, antara lain lewat OSS. Selain itu, kami juga diberi pengarahan oleh Pak Menteri terkait investasi," kata Heru.

Heru menjelaskan pihaknya akan menyiapkan tim dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga ke tingkat Kecamatan dan Kelurahan untuk merumuskan percepatan tersebut.

"Tadi Pak Menteri [mengusulkan] untuk membuat tim secara sederhana saja, satu atau dua [orang staf]. Selanjutnya, ini akan menyeluruh dalam pembahasan tata ruang.  Detail [tata ruang] akan kami kirim ke Pak Menteri Investasi. Supaya semuanya bisa dikoordinasikan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement