Advertisement

Tahun Baru 2023, Jokowi: Kita Berhasil Melewati Masa sulit

Muhammad Khadafi
Minggu, 01 Januari 2023 - 06:37 WIB
Sunartono
Tahun Baru 2023, Jokowi: Kita Berhasil Melewati Masa sulit Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan resmi terkait pencabutan kebijakan PPKM di Istana Negara, Jumat (30/12 - 2022). Youtube Biro Setpres RI.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat tahun baru melalui ilustrasi poster lengkap dengan kucing oyen yang kerap diperbincangkan warganet. 

Dalam poster tersebut tampak Jokowi menggandeng cucu ke-4, Panembahan Al Nahyan Nasution. Selain itu poster tersebut juga menggambarkan sejumlah kejadian sepanjang 2022 berlatar semarak kembang api. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Jokowi menyampaikan banyak hal untuk dikenang. "Ada yang menggembirakan, tak sedikit pula kabar yang kurang menyenangkan," katanya, dikutip Minggu (1/1/2023).

Jokowi menyatakan bahwa Indonesia berhasil melewati masa-masa sulit pandemi dan ancaman resesi. Hal tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih dari 5 persen secara tahunan sepanjang 2022.

Selain itu Indonesia juga terbilang berhasil menyelenggaran G20. "Situasi politik dan keamanan dalam negeri yang kondusif, pembangunan infrastruktur dan sumberdaya manusia berjalan sesuai rencana," tambah Jokowi.

Akan tetapi pada sisi lain, beberapa kawasan di Indonesia pada 2022 dihentak bencana alam banjir, longsor, hingga gempa bumi. Semua kabar baik dan kurang menyenangkan yang silih berganti tersebut memberikan pelajaran sekaligus menguatkan dan mempersatukan. 

"Dengan bekal itu semua, kita meninggalkan 2022 dan menatap 2023 dengan tekad untuk membawa Indonesia melangkah maju,' katanya. 

Adapun Jokowi memberikan kado akhir tahun kepada Indonesia berupa pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Setelah mengkaji dan mempertimbangkan selama 10 bulan dan lewat pertimbangan-pertimbangan yang berdasarkan angka yang ada, maka pada hari ini Pemerintah memutuskan mencabut PPKM,” ujarnya melalui konferensi pers di Kantor Presiden, Jumat (30/12/2022).

Dia memerinci bahwa seluruh kabupaten/kota di Indonesia saat ini berstatus PPKM level 1 di mana pembatasan kerumunan dan pergerakan orang sudah berada di tingkat rendah.

Kendati demikian, Kepala Negara minta kepada seluruh masyarakat dan komponen bangsa untuk tetap hati-hati dan waspada, khususnya dengan tetap meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam menghadapi dari risiko Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar pemakaian masker keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan serta kesadaran vaksinasi Covid harus terus digalakkan karena diyakininya langkah inj akan membantu meningkatkan imunitas masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement