Advertisement

Profil Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan

Aprianus Doni Tolok
Kamis, 22 Desember 2022 - 04:47 WIB
Jumali
Profil Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan Aminah Cendrakasih dalam keadaan sakit masih semangat membintagi Si Doel The Movie / Instagram si.rano

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dunia hiburan Tanah Air berduka. Aktris senior Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" meninggal dunia di usia 84 tahun pada Rabu pukul 20.00 WIB. Kabar duka tersebut dibagikan oleh akun Instagram resmi "Si Doel Anak Sekolahan", @sidoelanaksekolahan.

BACA JUGA: Terserang Glukoma, Begini Penampakan Aminah Cendrakasih

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin YRA (alfatihah)," tulis akun tersebut.
Profil Aminah 'Mak Nyak' Cendrakasih

Aminah lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Namanya mulai melejit di panggung hiburan usai membintangi film Serampang 12 (1956) dan Asrama Dara (1958) bersama dengan Nun Zairina.

Putri pasangan pelawak Husni Nagib dan aktris Wolly Sutinah ini sudah akrab dengan dunia hiburan sejak remaja. Pada 1955, Aminah sudah terjun di panggung sandiwara hingga membintangi film Oh, Ibuku produksi Garuda Film dan Semeru Film. Kariernya terus berlanjut sejak 1955 hingga 1989. Tercatat Aminah sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama.

Salah satu film yang lekat dengan nama Aminah Cendrakasih adalah Asrama Dara, produksi tahun 1958. Dia memerankan sosok Tari, seorang mahasiswa yang jatuh cinta kepada lelaki yang jauh lebih tua darinya.

Berkat pengabdiannya yang begitu lama di dunia film, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Puncak ketenaran Aminah Cendrakasih salah satunya usai sukses membintangi serial televisi bertajuk Si Doel Anak Sekolahan. Dia berperan sebagai Lela, ibu dari pemeran utama yakni Doel yang dibintangi Rano Karno. Akrab disapa Mak Nyak, Aminah masih dipercaya memerankan peran yang sama dalam film layar lebar Si Doel The Movie hingga Akhir Kisah Si Doel.

Aktris berjuta karya ini menderita penyakit kelumpuhan dan glukoma di masa tuanya. Akhirnya, pada 21 Desember 2022, Aminah 'Mak Nyak' Cendrakasih meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Padat Karya Bantul Berdayakan Warga Miskin di 70 Kalurahan

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement