Advertisement

Iriana Jokowi hingga Bobby Menangis saat Siraman Kaesang

JIBI
Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:07 WIB
Jumali
Iriana Jokowi hingga Bobby Menangis saat Siraman Kaesang Siraman Kaesang Pangarep - JIBI/Putut Hartanto

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Ibu Negara Iriana Jokowi dan Muhammad Bobby Afif Nasution disebut tak bisa menahan air mata dan menangis pada prosesi tradisi siraman Kaesang Pangarep, dimulai di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022) pagi.

BACA JUGA: Ratusan PKL di Solo Pilih Libur saat Pernikahan Kaesang-Erina

Advertisement

Tak hanya itu, Presiden Jokowi mengatakan Kaesang juga sama-sama menangis. Hal itu dikatakan Jokowi kepada wartawan seusai acara siraman. Jokowi didampingi Iriana, Kaesang, dan Bobby saat menemui para wartawan.

“Nangis, nangis [Kaesang menteskan],” kata Jokowi.

“Tadi Ibu Iriana dulu yang menangis,” lanjut Jokowi disambut tawa wartawan.

“Mas Bobby yang enggak anu nangis juga tadi,” tambah Presiden.

Jokowi mengatakan bersyukur tradisi siraman jelang pernikahan Kaesang sudah berjalan dengan baik dan lancar. Keluarga memohon doa restu kepada masyarakat supaya prosesi selanjutnya berjalan baik.

“Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi siraman sudah berjalan dengan baik, lancar, dan kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya baik midadareni, ijab kabul, nanti tasyakuran di Pura Mangkuengaran semua berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Presiden Jokowi mengatakan bersama Ibu Negara sebagai orang tua calon pengantin mengharapkan dan mendoakan supaya Kaesang dan Erina menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah.

Sementara Kaesang mengatakan perasaannya bahagia setelah menjalani proses siraman. “Bahagia. Tadi nangis banget,” ungkapnya.

Sedangkan Iriana mengatakan alasan menangis karena bahagia.

Putra sulung, tengah, dan putra bungsunya akhirnya menikah semua. Seperti diketahui, Kaesang Pangarep menjalani prosesi adat siraman menjelang pernikahan dengan Erina Gudono di kediaman orang tuanya di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat pagi.

Tujuh Pasangan Menyirami

Tampak sejumlah menteri menyirami Kaesang Pangarep sebelum Presiden dan Ibu Negara mendapat giliran. Menurut susunan acara yang diterima Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, ada tujuh pasangan yang melakukan siraman kepada Kaesang.

Mereka dari keluarga Presiden Jokowi serta menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersama istri. Selanjutnya ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beserta istri.

Dilanjutkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama suami, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto bersama istri.

Dari keluarga ada Idong Setyo Husodo bersama atas nama istri, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, Muhammad Bobby Afif Nasution bersama Kahiyang Ayu, dan Jokowi serta Iriana.

Proses awal yakni melengkapi tuwuhan berupa pisang di kanan dan kiri pintu masuk rumah oleh Presiden Jokowi dengan Ibu Negara iriana Jokowi. Selanjutnya memasang bleketepe dan prosesi inti siraman. Semua proses berlangsung tertutup, hanya untuk keluarga serta kerabat dekat.

Menurut pembawa acara, Presiden Jokowi dan Iriana menjadi pasangan yang menyiram paling akhir. Berbeda dengan siraman calon pengantin putri yang dilakukan oleh tujuh perempuan, siraman calon pengantin laki-laki dilakukan oleh pasangan. Setelah siraman Kaesang berwudhu dari air kendi kemudian kendinya dipecah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement