Advertisement

41 OPD dan BUMD di Kota Magelang Ciptakan Inovasi Layanan Masyarakat

Nina Atmasari
Rabu, 07 Desember 2022 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
41 OPD dan BUMD di Kota Magelang Ciptakan Inovasi Layanan Masyarakat Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyerahkan hadiah kepada pemenang Magelang Innovation Award (MIA) tahun 2022 di Hotel Atria Magelang, Senin (5/12/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Sebanyak 41 organisasi perangkat daerah (OPD) dan BUMD berhasil menciptakan inovasi-inovasi yang dapat diterapkan dan mengatasi permasalahan pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat, lebih mudah, lebih murah dan lebih tepat sasaran.

Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang memberikan penghargaan kepada masyarakat, OPD, dan BUMD ,yang telah menciptakan inovasi-inovasi pada acara Magelang Innovation Award (MIA) tahun 2022 di Hotel Atria Magelang, Senin (5/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang Handini Rahayu menjelaskan MIA 2022 diawali dengan kompetisi inovasi OPD dan BUMD yang diselenggarakan untuk mendorong Pemerintah Daerah dan BUMD melakukan kreativitas dan inovasi, yang dapat diterapkan dan mengatasi permasalahan pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat, lebih mudah, lebih murah dan lebih tepat sasaran.

Tahap sosialisasi kompetisi inovasi OPD dan BUMD dilaksanakan pada 25 Mei 2022, tahap pengajuan proposal 24 Mei 2022 - 25 Agustus 2022.

"Panitia menerima usulan inovasi sebanyak 41 usulan dari Perangkat daerah dan BUMD. Adapun yang lolos seleksi administrasi yaitu sebanyak 25 usulan Inovasi dengan rincian 23 dari OPD dan 2 dari BUMD," terang Handini.

Selanjutnya adalah tahap paparan dan wawancara terhadap 25 peserta yang lulus administrasi pada 14 November 2021, dengan tim penilai terdiri dari Kemendagri, akademisi, dan perwakilan media. Dilanjutkan dengan tahap verifikasi dan observasi lapangan pada 15 November 2022.

"Berdasarkan hasil penilaian tim juri terhadap tahapan yang telah dilakukan, diperoleh 6 OPD yang mempunyai nilai tertinggi, yang selanjutnya menerima penghargaan berupa hadiah dan uang pembinaan pada acara MIA 2022 ini," papar Handini.

Adapun 3 peringkat teratas OPD dan BUMD yang menerima penghargaan adalah Auto E-City Dinas Perhubungan (Juara 1), I- Magelang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Juara 2), GPS BERKARAKTER - SMPN 2 Kota Magelang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Juara 3).

Kemudian Rodanya Mas Bagia - DP4KB (Juara Harapan 1), CEK BANSOS Dinas Sosial (Juara Harapan 2) dan DAKWAH Dinas Kesehatan (Juara Harapan 3).

Penghargaan juga diberikan kepada pemenang lomba roket terkendali tingkat SMP se-Kota Magelang yang telah dilaksanakan pada 29 September 2022 di Stadion Moch Soebroto Magelang. Para pemenang adalah SMP Muhammadiyah Alternatif 1 - Tim 2 (Juara 1), SMPN 8 - Tim 2 (Juara 2) dan SMPN 3 - Tim 2 (Juara 3).

Selanjutnya SMPN 8 - Tim 1 (Juara Harapan 1), SMPN 2 (Juara Harapan 2) dan SMPN 5 (Juara Harapan 3). Juara Desain Rocket Air Terbaik berhasil diraih oleh SMPN 13 Kota Magelang.

Pada kesempatan itu diadakan launching Pamong Inovasi dan Aplikasi Inovasi OPD dan BUMD. Handini menjelaskan Pamong Inovasi merupakan Katalisator atau Agen Perubahan pada setiap OPD dan BUMD yang sudah ditetapkan melalui surat keputusan Kepala OPD dan BUMD sebanyak 130 orang.

"Pamong ini akan mendorong setiap OPD mau tidak mau menelurkan lebih dari 1 inovasi," kata Handini.

Sedangkan Aplikasi Inovasi OPD dan BUMD merupakan Aplikasi Pendaftaran dan Pengukuran Inovasi dari OPD dan BUMD di lingkungan Pemkot Magelang. Aplikasi ini dikembangkan dengan maksud sebagai salah satu sarana dalam membantu pelaporan inovasi kepada pemerintah pusat

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menambahkan, OPD maupun BUMD didorong untuk membuat inovasi untuk mempermudah pelayanan masyarakat. Ke depan jika seluruh inovasi terintegrasi maka Kota Magelang bisa disebut Kota Inovator.

"Intinya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat Kota Magelang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jembatan Srandakan 3 Akan Menghubungkan JJLS di Selatan DIY

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Ingin Melancong Sendirian? Ini Daftar 15 Negara yang Aman bagi Solo Traveler Perempuan

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement