Advertisement

Digadang-gadang Jadi Cawapres Ganjar, Begini Reaksi Erick Thohir

Surya Dua Artha Simanjuntak
Senin, 05 Desember 2022 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Digadang-gadang Jadi Cawapres Ganjar, Begini Reaksi Erick Thohir Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan saat acara pelepasan tim Jelajah BUMN 2022 di Jakarta, Rabu (14/9/2022). Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Menteri BUMN Erick Thohir angkat suara perihal dirinya kerap disebut bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo. Menurut dia, dirinya ingin fokus menjadi menteri daripada memikirkan baka lcalon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

Erick mengakui dirinya sering dikabarkan jadi cawapres untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Meski begitu, dirinya tak akan terlalu memikirkan itu karena dirinya bukan dari partai politik (parpol).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Mekanisme presiden dan wakil presiden itu politis, saya bukan orang partai, saya masih fokus bekerja untuk BUMN,” ujar Erick kepada awak media di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Dia menjelaskan, tahun depan ada ancaman resesi global. Oleh sebab itu, peran BUMN dalam perekonomian terutama masalah pangan sangat diperlukan. Dia memprediksi, proses konsolidasi soal calon presiden (capres) dan cawapres masih panjang.

“Jangan tiba-tiba dengan hal-hal seperti ini [capres-cawapres], justru out of focus. Jadi kerjaan utama [sebagai menbteri BUMN] tidak bisa jalan,” jelasnya.

Dikatakan, kontribusi negara untuk BUMN sangat penting. Apalagi, ungkapnya, kinerja BUMN pada 2022 terus meningkat.

Sebelumnya, hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Kamis (1/12/2022), menunjukkan mayoritas pemilih Erick atau 19,2 persen ingin Erick berpasangan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Erick punya kecocokan dengan Ganjar dan hampir memiliki kesamaan basis pemilih. Maka lumrah kalau elektabilitas keduanya bagus saat simulasi survei. Basisnya Ganjar mirip dengan Erick. Wajar ada yang menginginkan Erick jadi pendampingnya Ganjar," jelas Direktur Eksekutif Indikator Burhannudin Muhtadi, Kamis (1/12/2022).

BACA JUGA: Deretan Pasal RKUHP yang Kontroversial dan akan Disahkan Besok

Bahkan, di acara peluncuran bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN se-Jawa Tengah di Kota Semarang, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan terang-terangan menyebut Ganjar dan Erick pantas diusung partainya menjadi capres dan cawapres untuk Pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

BPS Rilis Ekonomi DIY Melesat, Sektor Pariwisata Jadi Pengungkit

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Ingin Melancong Sendirian? Ini Daftar 15 Negara yang Aman bagi Solo Traveler Perempuan

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement