Advertisement

328 Peserta Lolos Administrasi Ikuti Tes Tertulis PPK

Newswire
Senin, 05 Desember 2022 - 14:47 WIB
Jumali
328 Peserta Lolos Administrasi Ikuti Tes Tertulis PPK Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 328 peserta yang lolos seleksi administrasi untuk menjadi panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kota Jogja akan mengikuti tes tertulis di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Selasa (6/12/2022)​​​​​​.

"Tes tertulis akan kami lakukan sehari saja, terbagi dalam tiga gelombang, yakni dari pukul 08.00 WIB, 10.30 WIB, dan gelombang terakhir pukul 14.00 WIB," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja Hidayat Widodo di Jogja, Senin (5/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Disebutkan pula bahwa seleksi tertulis akan dilakukan dengan sistem computer assisted testing (CAT) dengan durasi per sesi 90 menit.

Setiap peserta akan mengerjakan 75 soal yang terdiri atas pengetahuan kebangsaan 20 soal, kompetensi dasar 20 soal, dan pengetahuan kepemiluan 35 soal.

KPU Kota Jogja memutuskan untuk mengambil paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan PPK berdasarkan pada nilai tertinggi yang lulus seleksi tertulis.

"Setiap peserta akan di-ranking maksimal 15 peserta terbaik per kecamatan yang mendapat nilai terbaik saat tes tertulis," katanya.

Menurut dia, jumlah peserta yang mengikuti seleksi tertulis berkurang daripada jumlah pendaftar PPK yang mengajukan pendaftaran secara daring melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) sebanyak 463 orang.

"Kami melakukan seleksi administrasi, kemudian banyak yang tidak memenuhi syarat administrasi sehingga peserta yang bisa mengikuti tes tertulis berjumlah 328 peserta," katanya.

KPU Kota Jogja juga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan atau tanggapan terhadap pendaftar PPK. 

"Sudah ada tiga masukan yang kami terima. Masukan ini akan menjadi bagian dari pertimbangan kami untuk penilaian jika yang bersangkutan lulus seleksi tertulis," katanya.

Hasil seleksi tertulis akan diumumkan dalam rentang waktu pada tanggal 8—10 Desember, dilanjutkan dengan seleksi wawancara yang dijadwalkan dilakukan pada tanggal 11—13 Desember.

Penetapan anggota PPK dijadwalkan pada tanggal 16 Desember dan pelantikan diagendakan pada tanggal 4 Januari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

BPS Rilis Ekonomi DIY Melesat, Sektor Pariwisata Jadi Pengungkit

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Ingin Melancong Sendirian? Ini Daftar 15 Negara yang Aman bagi Solo Traveler Perempuan

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement