Advertisement

Deretan Kota Termahal dan Termurah di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Senin, 05 Desember 2022 - 10:27 WIB
Jumali
Deretan Kota Termahal dan Termurah di Dunia Pemandangan sejumlah pusat perbelanjaan di distrik belanja Orchard Road di Singapura. Foto diambil 2 Juni 2016. /Reuters - Edgar Su

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTASingapura, New York, dan Tel Aviv adalah kota termahal di dunia untuk ditinggali tahun ini, menurut laporan 'Biaya Hidup' Economist Intelligence Unit.

BACA JUGA: Kota Termahal Akibat Pandemi Covid-19

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Hong Kong, Los Angeles, Zurich, Jenewa, San Francisco, Paris, Kopenhagen, dan Sydney juga termasuk kota-kota termahal tahun ini.

Harga telah naik rata-rata 8,1 persen dalam mata uang lokal selama setahun terakhir di kota-kota terbesar di dunia.

Pada tahun 2022, tingkat inflasi mencatat kenaikan tertinggi dalam 20 tahun terakhir dengan kenaikan harga BBM yang paling pesat. Utilitas dan harga makanan juga meningkat tajam, tambahnya.

Survei, yang dilakukan antara 16 Agustus dan 16 September, melacak harga lebih dari 200 barang dan jasa di 172 kota di seluruh dunia.

Penggerak kenaikan terbesar, adalah kota-kota Rusia di Moskow dan St Petersburg, yang telah naik peringkat masing-masing 88 dan 70 tempat.

Kontrol modal, penekanan impor, dan konversi pembayaran gas Eropa menjadi rubel mendukung nilai mata uang lokal. Sementara itu, harga lokal telah didorong naik oleh sanksi Barat yang diberlakukan setelah perang Rusia-Ukraina dimulai pada bulan Februari tahun ini.

Menurut survei, inflasi di Moskow sekarang 17,1 persen tahun-ke-tahun dalam mata uang lokal, sedangkan di St Petersburg telah mencapai 19,4 persen.
Kota paling murah

Kota termurah untuk ditinggali adalah Damaskus, Tripoli, dan Teheran karena ekonomi dan mata uang mereka yang lemah.

Kota ekonomi lainnya adalah Tunis Tashkent, Karachi, Almaty, Ahmedabad, Chennai, Aljir, Bangalore, dan Kolombo.

EIU mengatakan kabar baiknya adalah bahwa harga mungkin mulai berkurang di beberapa negara karena suku bunga menggigit dan ekonomi global melambat.

“Hambatan rantai pasokan juga akan mulai mereda karena tarif angkutan turun dan permintaan melemah. Kecuali jika perang di Ukraina meningkat, kami memperkirakan bahwa harga komoditas untuk energi, makanan, dan pasokan seperti logam cenderung turun tajam pada tahun 2023 dibandingkan dengan level tahun 2022, meskipun kemungkinan akan tetap lebih tinggi dari level sebelumnya,” kata laporan itu.

Secara keseluruhan, diperkirakan bahwa inflasi harga konsumen global akan turun dari rata-rata 9,4 persen tahun ini menjadi 6,5 persen yang masih tinggi pada tahun 2023.
Daftar kota termahal

Singapura
New York
Tel Aviv
Hong Kong
Los Angeles
Zurich,
Jenewa
San Francisco
Paris
Kopenhagen
Sydney

Daftar kota termurah

Damaskus
Tripoli
Teheran
Tunis Tashkent
Karachi
Almaty
Ahmedabad
Chennai
Aljir
Bangalore
Kolombo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement