Advertisement

Erick Tohir Dijagokan Jadi Cawapres pada Pemilu 2024

Newswire
Jum'at, 02 Desember 2022 - 00:47 WIB
Jumali
Erick Tohir Dijagokan Jadi Cawapres pada Pemilu 2024 Menteri BUMN Erick Thohir. - Ist/ Instagram @erickthohir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei yang menyebutkan responden menjagokan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024.

"Erick Thohir menjadi salah satu figur yang paling diinginkan publik sebagai calon wakil presiden pada tahun 2024, bahkan masuk lima besar," kata Direkrut Eksekutif IPI Burhanudin Muhtadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Berdasarkan hasil survei dalam simulasi 18 nama, sebanyak 9,6 persen responden menginginkan Erick Thohir sebagai cawapres. Trennya bahkan meningkat dari 8,5 persen pada riset Juni 2022.

"Kalau dilihat, basis Erick Thohir itu kebanyakan adalah pemilih kota, anak muda, NU (Nahdlatul Ulama), dan nonmuslim," ungkapnya.

Penelitian itu juga menyebutkan bahwa mayoritas pendukung Erick Thohir sebanyak 19,2 persen menginginkan jagoannya berduet dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hanya segelintir yang mau berpasangan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebanyak 7,3 persen ataupun mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (3,9 persen).

"Basisnya Ganjar mirip dengan basis pemilih Erick, jadi wajar kalau mereka menginginkan Erick Thohir jadi pendampingnya Ganjar," tuturnya.

Survei Indikator tersebut pada tanggal 30 Oktober sampai dengan 5 November dengan melibatkan 1.220 responden. Mereka dipilih berdasarkan hasil penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Responden diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara. Dengan asumsi metode simple random sampling, toleransi kesalahan (margin of error) riset sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement