Advertisement

Bocahe Mas Tuntas Gelar Balap Sampan di Sumenep, Paling Seru Sepanjang Sejarah

Media Digital
Kamis, 17 November 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bocahe Mas Tuntas Gelar Balap Sampan di Sumenep, Paling Seru Sepanjang Sejarah Lomba balap sampan di Desa Sadulang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. - Ist

Advertisement

SUKOHARJO - Lomba balap sampan di Desa Sadulang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah menjadi tradisi sejak lima tahun terakhir. Namun, lomba tahun ini yang digelar komunitas Bocahe Mas Tuntas diklaim sebagai yang paling seru.
Lomba yang digelar pada Senin hingga Selasa (14-15/11/2022) ini diikuti 30 peserta yang mayoritas dari kalangan nelayan yang sering menggunakan sampan sebagai alat transportasi sehari-hari.

"Dibandingkan ajang lomba sebelumnya, perlombaan kali ini sangat meriah," jelas penasihat panitia lomba balap sampan, Fajeri, saat dihubungi Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Selasa (15/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Fajeri mengatakan motivasi relawan Bocahe Mas Tuntas menggelar lomba balap sampan tersebut adalah untuk melestarikan tradisi masyarakat. "Karena lomba sampan sudah menjadi tradisi tahunan atau ikon desa setempat, perlombaan sampan sudah dilakukan sejak lima tahun sebelumnya," ujar Fajeri yang juga berdomisili di desa tersebut.

Panitia lomba merupakan anggota komunitas Bocahe Mas Tuntas yang memang berdomisili di kepulauan. “Kami berasal dari kepulauan. Kami Bocahe Mas Tuntas yang memang berdomisili di kepulauan. Kebetulan para peserta balapan sampan rata-rata para nelayan yang bekerja menggunakan sampan dengan mesin 6,5 Pk [Paarden Kracht]," lanjutnya.

Dari perlombaan tersebut, diambil empat pemenang yang terdiri atas juara I mendapat trofi dan hadiah uang tunai Rp1,5 juta, juara II mendapat trofi dan uang Rp1 juta, juara III mendapat trofi dan uang tunai Rp500.00, serta juara IV mendapat uang tunai Rp250.000.
Berdasarkan cerita Fajeri, perlombaan tersebut menarik perhatian masyarakat sekitar yang antusias ikut menyaksikan.

Selain lomba balap sampan, Bocahe Mas Tuntas sebelumnya juga menggelar kegiatan lain. Komunitas Bocahe Mas Tuntas Kartasura, Sukoharjo, mengadakan bakti sosial berbagi sarapan gratis bagi masyarakat di Gumpang, Kartasura, Minggu (30/10/2022). Selain itu, Bocahe Mas Tuntas juga ikut mendukung kompetisi badminton Purbajaya Cup 1 yang digelar di Graha Purba Wijaya, Dusun 2, Purbayan, Baki, Sukoharjo pada 7-12 November 2022.

Komunitas Bocahe Mas Tuntas telah berdiri selama dua tahun dan telah memiliki sejumlah cabang dengan berbagai kegiatan dan usaha masing-masing, seperti angkringan, yang sebagian dananya disisihkan untuk kegiatan bakti sosial.

Pendiri Komunitas Bocahe Mas Tuntas

Advertisement

Fajeri mengatakan Bocahe Mas Tunas dari Desa Sadulang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep siap mendukung Tuntas Subagyo dalam berbagai kegiatan. Tuntas Subagyo merupakan pendiri komunitas Bocahe Mas Tuntas yang Menurut Fajeri sebagai sosok tokoh baru yang dibutuhkan masyarakat.

"Beliau adalah tokoh yang luar biasa, sehingga kami merasa simpati dan mendukung tiap pergerakan beliau, terutama dibentuknya beberapa basecamp Bocahe Mas Tuntas yang diharapkan dapat memberikan manfaat," lanjut Fajeri.

Sebelumnya, pendiri komunitas sekaligus pendiri Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo, mengadakan sosialisasi dan launching basecamp Bocahe Mas Tuntas (BMT) di Foodcourt Joglomas di Mayang, Gatak, Sukoharjo, Minggu (13/11/2022) malam. Tuntas mengatakan PKR yang resmi dideklarasikan sejak 28 Oktober 2021 ini saat ini masih berjuang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait kepesertaan Pemilu 2024.

Advertisement

Saat ini PKR sudah memiliki banyak basecamp di seluruh Indonesia. Basecamp itu sudah berdiri di Sumatra, Madura, Papua, Sumatra Barat hingga beberapa daerah lain. “Basecamp itu berdiri sebagai tempat interaksi, berkumpul, bermusyawarah. Harapannya di kampus juga akan berdiri basecamp dari sana untuk pusat kegiatan. Karena BMT menyasar ke semua kalangan. Ada komunitas pemancing, petani, nelayan dan lainnya tergantung dari wujud basecamp-nya,” terang Tuntas.

Dia mengatakan antusias BMT cukup luar biasa, masyarakat diakomodasi untuk berkarya dan berkreasi. Di sisi lain selama bisa dan benar pihaknya akan terus berjuang untuk turut berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

Tuntas menguraikan pemimpin pilihannya tentu yang berjiwa amanah, bertanggung jawab, dan juga bisa bersinergi dengan rakyat. Meski demikian dia mengatakan belum memiliki nama khusus untuk dicalonkan sebagai pemimpin.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jelang Pernikahan Kaesang, Warga Purwosari Mlati Pasang Spanduk Sambut Jokowi

Sleman
| Minggu, 04 Desember 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement