Advertisement

6.888 Calon Haji di Jateng Batalkan Keberangkatan

JIBI
Selasa, 08 November 2022 - 09:17 WIB
Lajeng Padmaratri
6.888 Calon Haji di Jateng Batalkan Keberangkatan Ibadah haji. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebanyak 6.888 calon haji asal Jawa Tengah (Jateng) periode Januari-November 2022 memilih untuk membatalkan keberangkatan ke Tanah Suci karena pertimbangan usia dan masalah kesehatan.

Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jateng Musta’in Ahmad mengatakan setiap kabupaten/kota telah menyampaikan data jumlah calon haji yang membatalkan keberangkatan ke Tanah Suci. Mereka memiliki alasan yang berbeda-beda, tetapi mayoritas adalah masalah faktor usia dan kesehatan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Kalau sepanjang tahun ini tercatat reguler ada 6.706 orang dan haji khusus ada 179 orang,” kata Musta’in, Senin (7/11/2022).

Dia membantah apabila pembatalan keberangkatan tersebut sebagai dampak dari lamanya masa tunggu haji di Jateng yang mencapai 30 tahun.

Mustain berpendapat keputusan calon jemaah haji yang membatalkan keberangkan tersebut kurang bijak. Kendati demikian, hal itu merupakan hak masing-masing calon jemaah haji.

“Kurang bijak menggunakan alasan usia sebagai tolak ukur menarik itu [dana haji], karena usia di tangan Allah," ujarnya.

Dia mengimbau kepada calon jemaah haji yang berniat membatalkan keberangkatan ke Tanah Suci untuk mempertimbangkan dengan matang keputusannya. Apalagi jika pembatalan ke Tanah Suci itu didasarkan atas ketakutan faktor usia.

“Insyaallah diberi kemudahan, misalnya masalah antrean, bisa saja ke depan ada penambahan kuota jadi bisa lebih cepat. Kemudian, kebijakan haji itu kan dinamis. Siapa tahu ada administrasi khusus untuk [calon haji] lansia [lanjut usia]. Jadi enggak perlu risau,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Infrastruktur Menentukan Kemajuan Pariwisata 

Bantul
| Selasa, 29 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement