Advertisement

BKKBN DIY "Diagnosa Keliling, Dialog Ringan Ngobrol Santai Keliling Mampir ke Yogyakarta"

Media Digital
Senin, 07 November 2022 - 12:57 WIB
Jumali
BKKBN DIY BKKBN DIY "Diagnosa Keliling, Dialog Ringan Ngobrol Santai Keliling Mampir ke Yogyakarta" - Ist\\r\\n

Advertisement

Dialog Ringan Ngobrol Santai atau Diagnosa merupakan acara podcast dari dokter Hasto yang bekerjasama dengan Aplikasi BuBidan yang membahas mengenai Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Konsep awalnya hanya berupa pembuatan video untuk mengedukasi para bidan di Aplikasi BuBidan dan hanya beberapa video saja yang di produksi. Namun ternyata setelah diunggah di akun YouTube dan TikTok BKKBN Official, antusiasme netizen sangat tinggi sehingga mencapai 5 juta viewers di TikTok. Antusiasme netizen juga ditunjukkan pada banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang masuk dalam kolom komentar, sehingga BKKBN membuat episode Khusus untuk QnA dalam menjawab pertanyaan masyarakat, dengan mengandeng Sarah Genre dan ditanyangkan pada 1 November 2022.

Dalam perkembangannya dr Hasto yang merupakan tuan rumah dari podcast Diagnosa kemudian mengundang narasumber dari dokter anak maupun dari influencer untuk bediskusi atau ngobrol cerdas. Setting awal dari kegiatan ini awalnya hanya di studio dengan mendatangkan narasumber. Karena antusiasme penonton yang tinggi maka memunculkan ide untuk membuat Diagnosa Keliling. Pengambilan Video perdana Diagnosa Keliling ini dilaksanakan di RS KIA Sadewa Yogyakarta dengan melibatkan Genre dan dokter anak dari UGM, serta dipantau langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Shodiqin, SH., MM. Nuansa budaya jawa juga di tampilkan dalam setting tempat, dan setting ini tentu akan berubah untuk video selanjutnya di tempat atau kota lain.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam menyampaikan edukasinya, dokter Hasto juga menggunakan alat peraga agar mempermudah penonton dalam memahami penjelasan, misalnya penggunaan peraga rahim dan bayi. Dokter Hasto menyampaikan materi kedokteran yang rumit menjadi sebuah bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam, hal inilah yang membuat antusias viewers semakin tinggi.

Episode pertama Diagnosa diunggah di Channel Youtube BKKBN Official pada 2 Agustus 2022 dengan bintang tamu Vanda Rainy yang membahas persiapan persiapan bagi calon pengantin, do’s and don’ts nya seperti apa. Selain itu tema yang telah tayang diantaranya Seks Saat hamil, persiapan sebelum hamil, saat hamil dan setelah melahirkan dan juga mengundang narasumber dari dokter anak, dokter gizi maupun influencer lainnya.

Pendidikan Kesehatan reproduksi sangat penting dan BKKBN sebagai salah satu institusi yang memiliki peran dalam mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Kesehatan reproduksi. Antusiasme Penonton yang sangat tinggi dengan berbagai keunikan pertanyaan yang dilontarkan membuat BKKBN selaku pelayan masyarakat harus bisa menjawabnya dalam satu wadah dan konten yang menarik agar materi yang disampaikan ditangkap dengan mudah oleh masyarakat. Konten podcast Diagnosa ini direncanakan tayang seminggu sekali di akun YouTube dan TikTok BKKBN Official

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Sleman Merangkak Naik

Sleman
| Senin, 05 Desember 2022, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement