Advertisement

Longsor di Wonogiri Tutup Jalan Tembus ke Jawa Timur

JIBI
Senin, 07 November 2022 - 13:37 WIB
Jumali
Longsor di Wonogiri Tutup Jalan Tembus ke Jawa Timur Salah satu titik longsor. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, WONOGIRI — Musibah tanah longsor terjadi di Dusun Gupakan, Desa Pucung, Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Minggu (6/11/2022) sore. Longsor yang dipicu hujan berintensitas tinggi itu sampai menutup akses penghubung Desa Pucung dengan Desa Jero dan Lemahbang yang biasa digunakan warga setempat sebagai jalan tembus menuju Jawa Timur (Jatim).

Kepala Dusun (Kadus) Gupakan, Sarwanto, mengatakan daerahnya memang dikenal rawan longsor. Kondisi tanah didominasi tebing curam. Sebelum longsor kali ini, kejadian serupa juga pernah terjadi 2012.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Jadi ini yang kedua. Posisinya memang rawan longsor tapi hanya berdampak menutup akses jalan. Enggak ada rumah warga yang terkena [terdampak longsor],” ujarnya, Senin (7/11/2022).

Sarwanto mengatakan lokasi longsor terbesar berada di RT 003/RW 007. Di luar itu, terdapat lokasi longsor di RT lain di daerah setempat.

“Longsornya di jalan kecil warga saja. Di RT saya ada dua lokasi. Itu juga bukan jalan antardesa. Tapi hari ini [Senin] warga di lingkungan masing-masing bekerja bakti membersihkan longsoran,” imbuhnya.

Sarwanto beserta seluruh warga di lingkungannya kini telah berupaya membuat jalan alternatif dan selokan di area sekitar tanah longsor. Jalan alternatif dibuat mengalihkan pengendara motor maupun mobil yang ingin melintasi jalan antardesa.

“Pembuatan selokan bertujuan mencegah air mengairi area longsoran,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Pucung, Kateno, membenarkan adanya bencana longsor yang mengakibatkan tertutupnya akses jalan antardesa di wilayahnya. Hujan deras yang mengakibatkan longsor pada Minggu sore hanya terjadi di Dusun Gupakan.

Advertisement

“Longsorannya berupa batu dan tanah. Tapi sekarang sedang ditangani warga,” kata Kateno kepada Solopos.com, Senin.

Jalan antardesa yang tertimpa longsoran, lebarnya sekitar empat meter. Batu dan tanah yang longsor dari pinggir tebing menutupi seluruh badan jalan.

Kejadian bencana longsor di Dusun Gupakan telah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri. Sementara, pembersihan longsor ditangani warga di lingkungan setempat.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tekan Kenaikan Harga Jelang Nataru, Ini yang Dilakukan Disdag Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 09 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement