Advertisement

Soekarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk ke-8 Dunia

Media Digital
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Soekarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk ke-8 Dunia Pesawat Garuda Indonesia mempersiapkan keberangkatan di apron Termial 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Selasa (13/2/2018). (Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).

Advertisement

JAKARTA-Bandara Soekarno-Hatta tercatat sebagai bandara tersibuk ke-8 di dunia. Hal itu menunjukkan pemulihan lalu lintas penerbangan nasional yang kuat di tengah pandemi.

FlightsFrom.com yang berbasis di Swedia merilis daftar 100 bandara tersibuk di dunia berdasarkan jadwal keberangkatan penerbangan, menggunakan data terbaru per 21 Oktober 2022.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berdasarkan data tersebut, Bandara Soekarno-Hatta memiliki jadwal keberangkatan penerbangan sebanyak 535 penerbangan setiap harinya sehingga menempatkan bandara terbesar di Indonesia ini berada di peringkat ke-8 dunia, ke-3 di Asia dan ke-1 di kawasan ASEAN.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan data ini menunjukkan pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta berada di jalur yang tepat dan AP II selaku operator bandara mampu dengan baik mengakomodir tumbuhnya permintaan penerbangan.

“Kolaborasi yang erat antara AP II dan seluruh stakeholder, serta berkat dukungan regulator, membuat kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional tetap terjaga di tengah pandemi. Hal ini turut mendorong pemulihan lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II, khususnya Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, dan membuat sektor penerbangan nasional dapat optimal mendukung penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.”

Baca juga: Kecelakaan Bus Umrah di Saudi, 2 Penumpang Meninggal Dunia

“Pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dimulai pada Desember 2021, dan saat ini tingkat pemulihan [recovery rate] di Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 80%, menandakan pergerakan penerbangan sudah 80% dari kondisi 2019 saat belum adanya pandemi. AP II dan stakeholder mampu mengakomodir tumbuhnya permintaan penerbangan dengan tetap mengutamakan aspek pelayanan, keselamatan, keamanan serta penerapan protokol kesehatan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin menuturkan pasar penerbangan domestik di Indonesia yang sangat besar turut mendukung percepatan pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Advertisement

Berdasarkan data yang dirilis FlightsFrom.com, 5 rute domestik tersibuk dari Bandara Soekarno-Hatta adalah ke Denpasar (52-58 penerbangan/hari), Surabaya (40-42 penerbangan/hari), Medan (39-40 penerbangan/hari), Ujung Pandang (32-34 penerbangan/hari) dan Pontianak (25-27 penerbangan/hari).

Sementara itu 5 rute internasional tersibuk adalah ke Singapura (13-15 penerbangan/hari), Kuala Lumpur (9-10 penerbangan/hari), Jeddah (3-5 penerbangan/hari), Doha (3 penerbangan/hari) dan Narita Tokyo (2-3 penerbangan/hari).

Adapun pada periode Januari - September 2022, jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 197.127 penerbangan, dan hingga akhir tahun diperkirakan pergerakan pesawat dapat 271.075 penerbangan. Peningkatan penerbangan pada Kuartal IV/2022 (Oktober - Desember 2022) didorong adanya libur Natal 2022 dan Tahun 2021.*

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sleman Inklusi Siap Wujudkan Disabilitas Unggul

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement