Advertisement

PKS Usul Aher Cawapres, NasDem Berserah ke Anies Baswedan

Surya Dua Artha Simanjuntak
Selasa, 25 Oktober 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
PKS Usul Aher Cawapres, NasDem Berserah ke Anies Baswedan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan) bersama calon presiden yang diusung Nasdem pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Anies Baswedan (kiri) saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menegaskan pihaknya memberikan wewenang ke Anies Baswedan dalam menentukan calon wakil presiden (cawapres) untuknya.

“Kalau NasDem itu kan sudah memberikan kewenangan itu [memilih cawapres] kepada Pak Anies,” ujar Ali saaat dihubungi, Selasa (25/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ali menambahkan, NasDem menghargai keputusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusulkan kadernya yang juga eks Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher untuk jadi cawapres Anies.

Menurutnya, masing-masing partai politik (parpol) punya mekanisme sendiri untuk menentukan cawapres. Oleh sebab itu, NasDem tak bisa memaksakan kehendak terkait keputusan parpol lain.

“Kita juga harus menghargai mekanisme tiap-tiap partai, NasDem tidak dalam posisi memaksa mereka ikut dengan NasDem,” jelasnya Ali.

BACA JUGA: WhatsApp Down, Pengguna Cari Penyebabnya di Twitter

Dia menegaskan bahwa saat penentuan cawapres Anies nantinya, baik NasDem, PKS, maupun Demokrat sebagai calon mitra koalisi, harus berada sejajar.

Masing-masing parpol, lanjutnya, punya kesempatan sama untuk mengusulkan nama-nama pilihannya untuk jadi cawapres Anies.

Advertisement

“Sejak awal bahwa NasDem ingin membangun koalisi yang setara dalam artian bahwa tidak ada partai yang diuntungkan dan dirugikan di dalam koalisi. Tidak ada partai yang mengatur partai yang lainnya,” tegas Ali.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Erina Gelar Prosesi Siraman, Warga Nobar di Gedung Serbaguna

Sleman
| Jum'at, 09 Desember 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement