Advertisement

Obat Gagal Ginjal Akut Sudah Ditemukan, Tapi Belum Ada di Indonesia

Lukman Nur Hakim
Sabtu, 22 Oktober 2022 - 12:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Obat Gagal Ginjal Akut Sudah Ditemukan, Tapi Belum Ada di Indonesia Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah menyatakan telah memperoleh obat penyakit gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak. Obat yang dimaksud adalah Fomepizole.

Kendati demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa obat tersebut belum tersedia di Indonesia, tetapi masih didatangkan dari negara produsennya, Singapura.

Advertisement

"Begitu kami tahu penyebabnya apa, toxic-nya apa, kami mencari obatnya untuk para balita yang masuk rumah sakit. Sudah ketemu obatnya, namanya Fomepizole [injeksi]," katanya seperti disampaikan dari YouTube Kemenkes yang dikutip dari Bisnis.com, Sabtu (22/10/2022).

Fomepizole, sambung Menkes, telah diujicobakan kepada 10 pasien yang sedang dirawat di RSCM dan hasilnya positif yakni mampu meredakan gejala yang dialami.

Sementara itu, terkait kesiapan obat tersebut di Tanah Air, Menkes berharap proses uji coba bisa tuntas dalam waktu dekat sehingga bisa menjadi solusi terhadap penyakit yang memiliki tingkat kematian mencapai 55% ini.

Diberitakan sebelumnya, Menkes menyebutkan bahwa jumlah kasus gagal ginjal akut bertambah menjadi dari 241. Dari jumlah tersebut, 133 kasus di antaranya berujung kematian.

“Kita sudah mengidentifikasi terdapat 241 kasus gagal ginjal akut dengan 133 kematian atau 55 persen dari kasus,” ujarnya dalam konferensi pers yang sama.

Sementara itu, terkait penyebabnya, Menkes mengungkapkan bahwa Etilen Glikol (EG), Dietilen Glikol (DEG) dan etilen glikol butil ether (EGBE) menjadi cemaran obat sirop yang memicu munculnya penyakit AKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement