Advertisement

Pesan Nadiem Makarim di Hari Kesaktian Pancasila

Indra Gunawan
Sabtu, 01 Oktober 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pesan Nadiem Makarim di Hari Kesaktian Pancasila Mendikbudristek Nadiem Makarim memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Jumat (13/5/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memberikan pidato dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2022. Nadiem mengatakan saktinya Pancasila terletak bagaimana menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari sebagai Bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Nadiem dalam pidato yang disiarkan lewat Youtube Kemendikbudristek, Jumat (30/9/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Pancasila terletak kepada komitmen bersama kita mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk belajar dan berkarya,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan Kemendikbudristek telah berkomitmen untuk terus menghadirkan transformasi yang selalu sejalan dengan pesan Bung Karno dalam pidato lahirnya Pancasila, yakni bahwa di atas kelima dasar Pancasila kita mendirikan negara Indonesia kekal dan abadi.

Baca juga: Digelar di Jakarta, Pelantikan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY Dijadwalkan 10 Oktober

Untuk itu, ujarnya, di atas kelima dasar Pancasila Nadiem mengajak terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya membawa Indonesia ke masa depan.

“Kita perlu bergotong royong untuk mewujudkan satuan pendidikan dan ruang-ruang kebudayaan yang aman dan nyaman, yang mengedepankan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, serta bebas dari kekerasan,” tegasnya.

Nadiem mengatakan bahwa dirinya bangga bahwa tahun ini Indonesia telah menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia mampu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Advertisement

“Di forum-forum internasional seperti G20 serta Transforming Education Summit dan MONDIACULT yang diselenggarakan PBB kita memperkenalkan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas bangsa Indonesia seperti gotong royong, Bhinneka Tunggal Ika serta Pancasila,” ungkap Nadiem.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Lahan Bekas Paris Van Jogja Kembali Dikelola untuk Membesarkan Lele

Bantul
| Senin, 28 November 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement