Advertisement

Aqua Klaten Diganjar Penghargaan Inklusi dari Komisi Nasional Disabilitas

Galih Eko Kurniawan
Rabu, 28 September 2022 - 21:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Aqua Klaten Diganjar Penghargaan Inklusi dari Komisi Nasional Disabilitas Penyerahan penghargaan Anugerah Prakarsa Inklusi untuk PT Tirta Investama, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (27/9/2022). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Tirta Investama mendapat penghargaan Anugerah Prakarsa Inklusi dari Komisi Nasional Disabilitas RI atas dukungan Aqua Klaten itu pada Gerakan Indonesia Inklusif dan ramah disabilitas.

Penghargaan diberikan langsung Ketua KND RI, Dante Rigmalia, di Balai Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (27/9/2022).

Advertisement

Di agenda itu, Dante Rigmalia sekaligus mencanangkan Desa Kranggan sebagai Desa Inklusi Yang Ramah & Peduli Disabilitas. Kegiatan ini dihadiri sedikitnya 50 disabilitas dari tiga desa, yaitu Kranggan, Janti dan Sidowayah.

Dante Rigmalia menuturkan tantangan terbesar saat ini yakni masih ada stigma di keluarga sendiri yang menghambat disabilitas untuk berkembang.

“Saya multidisabilitas tetapi saya merasa beruntung karena keluarga saya bisa memahami saya dan memberikan kesempatan untuk berkembang,” ucapnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Rabu (28/9/2022).

Dante Rigmalia menegaskan memiliki anak atau anggota keluarga difabel jangan dikonotasikan negatif. Inklusi center yang tumbuh dari level desa dan kecamatan menjadi praktik baik.

Dia mengapresiasi semua pemangku kepentingan yang terlibat, mulai dari sukarelawan, pemerintah kecamatan, desa, akademisi juga Aqua Klaten yang telah memfasilitasi, memberikan perhatian dan pendampingan pada disabilitas.

Aqua Klaten sejak 2016 telah mendampingi Inklusi Center Kecamatan Karanganom (ICKK) yang menaungi 120 disabilitas, 40 anak berkebutuhan khusus (ABK) dan pemberdayaan ekonomi untuk 15 kepala keluarga, masyarakat dan sukarelawan di Karanganom.

Selain memfasilitasi inklusi center, juga membentuk kelembagaan yang mengelola Inklusi Center secara lebih baik. Praktik baik dari Karanganom ini yang kemudian diduplikasi pada kelembagaan Difa Tangguh Polan Mandiri yang bergerak aktif di Kecamatan Polanharjo.

Plant Director Aqua Klaten I Ketut Muwaranata mengatakan pendampingan dan pemberdayaan disabilitas sudah sejalan dengan misi Danone, yaitu One Planet One Health. Artinya, semua hidup di satu planet dan hanya hidup satu kali.

“Harapan kami, kolaborasi dengan pendekatan pentahelix ini bisa diperkuat dan menginspirasi semakin banyak pemangku kepentingan bisa mengambil peran untuk memberikan kesempatan saudara-saudara kita disabilitas,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement